Classic Hymns

Hingga sekarang saya masih terkagum-kagum dengan penerjemahan himne-himne klasik gereja dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Pilihan diksinya tepat sekali, indah, tidak mengurangi makna namun secara estetika tetap terjaga. Ah, Tuhan berkati mereka yang sudah jadi perpanjangan tangan mendatangkan damai sejahtera dan sukacita melalui pujian dan penyembahan.

Salah satu himne klasik yang diterjemahkan dengan sangat baik oleh E.L. Pohan di tahun 1975 adalah Pass me not O gentle Saviour karya Fanny J. Crosby (1868).

Pass me not O gentle Saviour,
Hear my humble cry.
While on others Thou art calling,
Do not pass me by.

Saviour, Saviour,
Hear my humble cry.
While on others Thou art calling,
Do not pass me by.

Diterjemahkan ke dalam lagu pujian KJ 026 berjudul Mampirlah, Dengar Doaku

Mampirlah, dengar doaku, Yesus Penebus.
Orang lain Kau hampiri, jangan jalan t’rus.
Yesus, Tuhan, dengar doaku;
orang lain Kau hampiri, jangan jalan t’rus.

Apa teman-teman punya himne klasik kesukaan?

Have a blessed Sunday!

The Lord’s Prayer

As a believer, I was taught to forgive your enemies. In Matthew 5:39, “But I say to you, Love your enemies and pray for those who persecute you.” To turn your right cheek if they slap your left’s and bla bla bla.

I will not fight the Scripture who aged more than 2000 years. Have no guts, not that crazy. LOL. Furthermore, there’s nothing good coming from holding grudges. In fact by forgiving, we benefial more. So, about 2 weeks ago I start the process, resting my soul in God’s hand and it feels just right. After a long journey, I finally can let go, release and be at peace. 😊☺️ It’s relieving. So serene.

I still keep a safe zone though.

Monday has just begun and I’m gonna recite this Lord’s Prayer to start the day. Hope you guys have a wonderful day and wish you great week ahead. God bless!

Pic’s from christianitytoday

 

Tentang Kenangan

Menemukan beberapa foto lama saat tadi pagi main ke rumah Mamak. Saya bertanya kenapa masih dipajang aja padahal banyak foto baru yang lebih bagus dan jawaban mamak sederhana. “Mamak senang lihat gimana kalian bertumbuh. Ini kenangan mamak saat kalian masih kecil-kecil.”

Ah, mamak. Peluk sayang.

With my little sis and little bro on our vacation at Sheraton Jogja. Circa tahun 2002. Mom said I’ve been color coordinated since long ago. But wait, pink and blue? What was in my mind at that time? 🤦🏻‍♀️😅
20kg lalu waktu masih remaja 😅 Rambut saya dulu setebal itu.
Untrimmed eyebrows and baby fat on my cheeks 😅😅 gosh, long time ago.

I Talk to God About You

Saya percaya kekuatan doa. Banyak sekali momen dalam hidup saya di mana doa menjadi tonggak kekuatan. Rasanya tenang dan teduh setelah mengambil waktu berbicara kepada Tuhan empunya semesta. Yang jadi favorit saya adalah momen komunikasinya. Perkara doanya dikabulkan atau tidak, saya berserah karena itu sudah jadi hak prerogatifnya Tuhan. Nggak mau ngatur-ngatur. Hehehe.

Anw, ada hal baru mulai awal tahun ini yang tanpa sengaja jadi kebiasaan. Ada satu hari dalam seminggu saya mengambil waktu untuk mendoakan teman-teman saya. Kesehatan, karir atau yah sekedar wish them well saja.

pic from Pinterest

Lalu tadi malam tiba-tiba saya teringat salah satu teman. Yah, cara Tuhan bicara memang macam-macam. Anw ada banyak harapan dan doa-doa baik yang saya naikkan baginya. Nggak perlu dijembrengin di sini. Karena sebaik-baik dan setulus-tulusnya doa, biar itu antara saya dan Sang Pencipta aja kan?

For sure I talked to God about you.

Kumpulan Rejeki

Sejatinya hidup itu adalah kumpulan rejeki. Rejeki sehat, rejeki bertemu orang-orang baik yang sangat ramah yang mengesampingkan sekat-sekat jabatan.

Rejeki diberikan perspektif baru untuk beberapa hal yang sebelumnya mengganjal pikiran sehingga hati terasa lebih lapang.

Rejeki dikirimkan sahabat (baru dan lama) yang selalu siap sedia bertukar pikiran.

Rejeki anak dan suami yang pengertian ketika satu-satunya perempuan di rumah (yang biasa melayani mereka) untuk sementara waktu mesti fokus pada pekerjaan. Meminjam komentar salah satu teman, “Saat ini hidup lo dari satu pesawat ke pesawat lain, Ka.”

Rejeki bisa menjalankan tugas dengan baik bahkan ikut berkontribusi menggerakkan roda ekonomi lokal seraya menikmati budaya dan keindahan alam Indonesia.

Rejeki menikmati hidup dan kemampuan bersyukur atas segala hal (baik-buruk, susah-senang).

Rejeki tinggal tenang di dalam Tuhan.

Iya, hidup itu adalah kumpulan rejeki, tinggal gimana kita memaknainya.

Have a blessed Sunday!

Power of Influence

Tidak seperti biasanya saya ada waktu luang kemarin malam. Ya iyalah, libur gitu lho. Hahaha. Akhirnya jadi ikut Kebaktian Wanita Tengah Minggu. Boleh dong ya sesekali menyegarkan diri dengan siraman rohani yang sejuk? Yang bikin hati adem, enteng dan bahagia? Syukur-syukur kadar keimanan jadi bertambah. Hehehe.

Sejak Februari, ini sudah beberapa kali saya ikutan kebaktian tengah minggu. Masih bolong-bolong banget sih tapi ya mulai rajin. Hehehe. Awalnya iseng tapi lama-lama seru juga. Is this is a sign that I’ll be more religious? I dunno. Hahaha.

Anw, tema khotbah dan diskusi kali ini cukup menarik. Tentang bagaimana perempuan memberi pengaruh kepada lelaki.

Baca lebih lanjut

Old Verse, New Understanding

Read: 1 Cor 13:4-13

God often talk about love. In fact, the essence of Christianity is love. How love bears all things, believes in everything including hopes all things, endures all things. (1 Cor 13:7)

This is an overused verse, I’ve been reading this since I was a kid but it resonates differently today. Gosh, how rich this verse is. Having new understanding that it means choosing to believe in a person and believe to see the goodness in someone instead of the bad thing. Including able to separate the mistake from the person. Not putting a dot (.) to someone’s life instead gives a coma (,). Means giving another chance.

So now faith, hope, and love abide, these three; but the greatest of these is love. (8).

The question is… If we ain’t doing that, can we still call ourself a Christ follower? A believer?

pic from crosswalk dot com