Kebahagiaan Natal Tahun Ini

Natal kali ini sungguh berbeda. Terasa sungguh meriah dan sangat semarak di hati. Ada banyak tawa yang kami bagi dan kebahagiaan yang kami sesap. Setelah tahun lalu tidak bisa berkumpul bersama karena ada anggota keluarga yang mesti karantina setelah positif covid, tahun 2021 ini, Puji Tuhan semua sehat dan kami pun bisa ngeriung bareng di rumah mamak-bapak.

Rumah yang awalnya sepi, mendadak jadi riuh kedatangan seluruh anak, cucu, dan mantu. Ada yang ketawa, ada yang teriakan rebutan mainan atau selisih paham. Maklum anak-anak. Hahaha. Kalo udah kumpul, ya gitu deh. Sebentar berantem, sebentar baikan.

Natal 2021

Sementara saya dan adik-adik serta para ipar sibuk saling bercerita atau ledek-ledekan. Yah, walau udah tua tapi kalo kakak-adik mah saling ledekan sampai memutih rambutnya keknya. Hihihi. Saya sungguh menikmati kebersamaan kami di hari perayaan Natal ini. Diisi dengan doa khusuk, banyak tawa, kehangatan keluarga serta makanan enak yang berlimpah. Di sela-sela itu, kami masih sempat manortor dan dapat saweran. Hahaha. Very festive!

Saya pulang dengan hati bingah dan membuncah. Banyak yang saya syukuri di tahun ini, namun yang paling utama adalah kesehatan dari keluarga. Kesehatan mamak-bapak yang semakin menua. Bersyukur sekali bisa menghabiskan banyak waktu bersama mereka terlebih di hari Perayaan Natal ini. Benar banget kata Keluarga Cemara, harta yang paling berharga adalah keluarga.

Anw, selamat Natal buat teman-teman yang merayakan. Semoga bahagia bersama orang-orang yang disayangi. Dan selamat berlibur buat semuanya. God bless!

Feel Good Happy Moments

I feel a bit overwhelmed the past several months with the job, pandemic (who doesn’t?) deadlines and many other things. So I thought I’d post some “feel-good-happy-moments” pics here. 🤗🤗 Just a little reminder that eventhough sometimes life seems hard but in overall, it’s good! It’s been so f**king good ☺️

Speaker at a workshop in Bali attended by mid-level official as the participants and also speaker at several other Indonesian ministries. It’s an honour.

Received this beautiful post card from Manish Deo, an Indian friend I met years ago. You have no idea how my expression was getting this card knowing he sent it from the highest post office in the world! I feel wonderful, very special, and honoured, knowing someone remembers me during his trip and even putting extra effort by writing personal message and sending it like an old school. Sweet. This warmth my heart. Thank you!

Yeay for a sweet escape to Jogja. A simple family quality time yet very recharging. Did nothing but sleep, eat, swim, repeat with lotta laughter and love in between. I’m blessed! 🤗

Found the right conditioner. Say hello to my long smoother hair 🥰

Btw I get accustomed receiving compliments from various people in various occasions. I usually replied with simple “thank you”. But guess what, sometimes a frequently received compliment hits different when it was said just at the right time. Recently someone texted me, “Kamu cakep itu default.” I didn’t expect that and it made my day. So I am gonna include that as one of the happy moment here. Appreciating the right time of saying it.

Now, October has arrived and it’s gonna be another busy like a bee time. Oh hi, well… October let’s roll together.

(Mbatin) Dari Jendela Pesawat

Saya sedang asyik memandangi awan yang bergelung-gelung di angkasa dari jendela tempat saya duduk ketika terdengar suara ribut-ribut dari arah lorong di bagian depan pesawat. Seorang penumpang bersitegang dengan pramugari. Saya geleng-geleng kepala melihatnya. Di masa pandemi gini, saya pikir orang akan lebih berempati satu sama lain atau paling enggak hemat-hemat energi, ternyata perkiraan saya salah. Setelah sekitar 10 menit mendengarkan argumen keras, akhirnya sang penumpang nurut sama pramugari (ya jelas nurut, wong salah). Tapi hal itu nggak menyurutkan sifat angkuhnya, ia berjalan sambil terus memaki.

Lagi-lagi saya geleng-geleng kepala sambil mbatin (ngomong dalam hati) pake Bahasa Jawa, “Jatuh’o, kesandung’o, mbencekno tenan.”  Yang kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia jadi, “Moga-moga jatuh kesandung, nyebelin bener sih.”

dari jendela pesawat

Dan tiba-tiba terdengar suara gedubrak. Orangnya-beneran-jatuh. Saya kaget, saking kagetnya sampe nutup mulut pake dua tangan. Tapi saya bukan kaget karena orangnya jatuh tapi kaget karena teringat pesan dari Simbah Putri yang wanti-wanti bilang agar saya jangan sembarangan mbatin. Kasihan katanya. Simbah Putri itu pribadi yang luar biasa, firasatnya tajam dan paling mengerti saya. Dulu waktu kecil, kalo pas lagi diajak ke pasar dan saya nggak sreg sama sesuatu, beliau selalu tahu kalo saya habis mbatin dan kejadian tepat di depan mata.

Yang paling parah, pernah mbatin motor senggolan sama mobil karena yang naik motor nggak sopan sama Simbah. Untung abis senggolan, yang naik motor gpp meskipun motornya rada ringsek, tapi tentu saja saya jadi kena tegur. “Ojo mbatin ngono, tah, Ka. Dongake sing apik-apik wae gen sing luwih apik balik nggonmu.” (Jangan mbatin gitu, doakan yang baik-baik saja biar hal yang lebih baik lagi berbalik kepadamu).

Akhirnya saya jadi jarang “mbatin” karena sekalinya mbatin sering banget kejadian.

Suara gedubrukan penumpang yang berusaha bangkit setelah kesandung membawa saya kembali ke masa kini. Akhir-akhir ini hati saya nyeri karena ada orang dengan sengaja nyinyir, memaki dan menyakiti pake mulutnya yang tajam. Sudah hampir 9 bulan hal ini berlangsung.

Awan putih bak kapas terus bergulung-gulung di angkasa menjadi saksi bisu betapa hati ini terpicu untuk mbatin dan ngucap yang enggak-enggak. Tapi teringat pesan Simbah Putri untuk mendoakan yang baik-baik, akhirnya saya cuma mbatin gini…. “Semoga gak ada momen di mana gue jadi sampe ngucap, you deserve it, mulutmu jahat, hatimu penuh iri dengki benci sih.”

Semoga.

.

.

10.10 AM.

Ditulis di atas pesawat dalam perjalanan Jayapura-Jakarta

Sister by Birthdate

Namanya Ailtje dengan pelafalan /ailce/ atau /ailsa/ tergantung mau dari bahasa mana. Akrab dipanggil Tjeje tapi saya sih memanggilnya Ailsa. Terasa lebih hangat dan lebih mesra menurut saya. Kami kenal saat trip ke Madura berburu batik pesisir bersama Batik Attack di tahun 2012 lalu. Siapa sangka kami punya mutual teman yaitu Venny si Ratu Kuis (dijuluki begini saking seringnya dia menang kuis. Lol). Dan itu menjadi jembatan kedekatan kami.

Persahabatan yang dimulai dari jalan-jalan itu perlahan tapi pasti berkembang. Pepatah lama bilang, cocok atau enggaknya kita sama orang itu bisa ketahuan pas lagi ngetrip bareng dan itu benar adanya! Hehehe. Ohya, ternyata selain batik, kami punya banyak kesamaan lain. Di antaranya sama-sama penggila konser atau festival musik. Bersama dengan Aling (peserta Batik Trip juga) entah sudah berapa konser yang kami hadiri bareng. Udah nggak ingat! Yang pasti kami seringnya ada di kelas festival, selalu janjian sampe jam berapa lalu bergandeng tangan jangan sampe lepas biar kami bisa meringsek masuk.  Tak lain dan tak bukan… Ya biar ada di baris paling depan jadi paling dekat sama penyanyinya… Masih keinget banget gimana kita teriak “aaaawwww” bareng pas liat Katon nyanyi ngedlosor patah hati di panggung.

Baca lebih lanjut

Umur 25 Tahun Ngapain?

Beberapa waktu lalu rame di WAG bahasan soal umur 25 tahun udah mesti punya apa aja dan ngapain aja. Errr… Garuk-garuk kepala. Tiap orang jalan hidupnya beda-beda, variabelnya banyak jadi gak bisa dipukul rata mesti gimana. Nggak ada standar/patokan di umur berapa mesti apa dan gimana.

Waktu itu gue skip aja nggak minat nimbrung bahas tapi minggu kemarin isu ini muncul lagi di temlen IG gue… Lalu gue jadi nginget-nginget pas umur 25 tahun tuh gue ngapain aja ya?

Baca lebih lanjut

Sorry, The Earth is Closed

Berada di rumah sekian lama membuat saya jadi banyak berpikir betapa rapuhnya rencana yang dibuat manusia ketika harus berhadapan dengan takdir. Mau sedetil atau sebaik apapun rencana itu tapi kalau suratan takdir sudah mengetukkan palunya, kita bisa apa?

Mulai 3 Juli 2021 PPKM Darurat di Jawa dan Bali diberlakukan lagi.

Dan saya kangen hal-hal sederhana saja. Saya kangen memeluk dan mencium mamak dan bapak tanpa kuatir menularkan sesuatu kepada mereka. Usia mereka tak lagi muda, sudah di atas 60 tahun dengan masing-masing memiliki riwayat penyakit tertentu. Jadi, ya, saya sangat berhati-hati.

Saya kangen pergi ke Indomart dan Alfamart tanpa perasaan was-was.

Saya kangen duduk di kedai kopi, menyesap wangi kopi panas yang menguar dari cangkir beling yang cantik seraya menikmati mobil yang lalu lalang dari balik jendela kaca. Rasanya baru kemarin saya melakukan itu di bilangan Thamrin, Jakarta. Kala itu saya ditemani Kak Ria, duduk manja dengan bingkai jendela biru tua. Kami ngobrol riuh dan tertawa terbahak-bahak sambil bertukar pandang akan berbagai macam isu ibu kota.

Saya kangen pergi belanja ke supermarket dengan perasaan riang, berlama-lama di lorong sabun dan shampoo tanpa merasa takut sehingga harus buru-buru pergi. Menikmati waktu memilih wangi sabun cair mana yang enak dan lembut untuk jadi kawan mandi sore hari. Berjalan santai sambil mendorong troli dan membandingkan harga Kecap Bangau dan Kecap ABC yang kadang saling berlomba.

Saya menyesal menunda-nunda keinginan untuk waxing karena saya pikir masih bisa nanti-nanti. Sekarang saya meringis karena rasanya kurang nyaman di bawah sana.

Saya kangen nonton konser atau festival musik lagi. Menggila, bernyanyi bersama sambil teriak-teriak betapa nge-fans-nya sama penyanyi yang ada di atas panggung. Iya, kalo udah nonton konser jadi lupa umur. Hahaha.

Sungguh, rasanya seperti baru kemarin bisa begini bisa begitu dan bikin rencana ini itu. Namun semuanya terlibas pandemi dan menyisakan banyak kerinduan akan rutinitas yang dulunya saya anggap sepele. Something I take it for granted.

Semoga pandemi ini lekas berlalu. Yuk taat prokes yuk. Doa saya juga, semoga kita semua selalu sehat jiwa dan raga.

Went to Festival Musik 90an with Eno, my concert buddy (like in almost every concert or festivals. Lol). How many concerts we’ve been to, No? Countless! 😅

The Lord’s Prayer

As a believer, I was taught to forgive your enemies. In Matthew 5:39, “But I say to you, Love your enemies and pray for those who persecute you.” To turn your right cheek if they slap your left’s and bla bla bla.

I will not fight the Scripture who aged more than 2000 years. Have no guts, not that crazy. LOL. Furthermore, there’s nothing good coming from holding grudges. In fact by forgiving, we benefial more. So, about 2 weeks ago I start the process, resting my soul in God’s hand and it feels just right. After a long journey, I finally can let go, release and be at peace. 😊☺️ It’s relieving. So serene.

I still keep a safe zone though.

Monday has just begun and I’m gonna recite this Lord’s Prayer to start the day. Hope you guys have a wonderful day and wish you great week ahead. God bless!

Pic’s from christianitytoday

 

Tentang Kenangan

Menemukan beberapa foto lama saat tadi pagi main ke rumah Mamak. Saya bertanya kenapa masih dipajang aja padahal banyak foto baru yang lebih bagus dan jawaban mamak sederhana. “Mamak senang lihat gimana kalian bertumbuh. Ini kenangan mamak saat kalian masih kecil-kecil.”

Ah, mamak. Peluk sayang.

With my little sis and little bro on our vacation at Sheraton Jogja. Circa tahun 2002. Mom said I’ve been color coordinated since long ago. But wait, pink and blue? What was in my mind at that time? 🤦🏻‍♀️😅
20kg lalu waktu masih remaja 😅 Rambut saya dulu setebal itu.
Untrimmed eyebrows and baby fat on my cheeks 😅😅 gosh, long time ago.