Buah-buahan yang Bagus untuk Ibu Hamil

Sebagai (calon) ibu tentunya  ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati yang masih ada di dalam perut dong ya. Nah, problema bumil itu adalah sering mual. Kalo mual gimana makannya? Salah satu trik saya mengatasi mual saat hamil dulu adalah dengan makan buah, rasanya yang segar dan wanginya yang enak cukup ampuh mengusir mual buat saya. Lumayan banget kan, mual hilang plus dedek bayi pun mendapatkan banyak manfaat dari buah-buahan yang kita makan. Nah, buah apa aja sih yang bagus buat bumil? Cuss baca dulu di sini ya.

Buah-buahan yang Bagus untuk Ibu Hamil:Alpukat (apokat)

Zat Besi, kalsium & asam folat yang sangat diperlukan oleh tubuh adalah kandungan yang ada di dalam buah Alpukat. Zat besi berkhasiat membentuk sel darah merah yang berguna bagi bumil agar terhindar dari anemia. Risiko anemia pada bumil itu serem lho, bisa pendarahan pada saat melahirkan. Lalu, kalsium yang ada di buah alpukat berguna untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Sementara asam folat bermanfaat untuk pembentukan otak dan tilang belakang tubuh. Sebaiknya sih makan alpukat polosan aja nggak pake susu atau gula supaya terhindar dari risiko kegemukan.

Buah Naga

Warnanya yang merah pekat itu emang mengundang banget buat dicicipi. Hehehe. Dan buah naga sendiri memang memiliki banyak khasiat karena mengandung zat besi, karoten, karbohidrat, dan asam folat. Karoten di buah naga akan membantu pembentukan indera penglihatan bayi, manfaatnya sama ama wortel lho.

Pisang

Buah pisang dianjurkan untuk dimakan oleh bumil sebanyak 3-4 buah sehari karena kandungan asam folat dan kaliumnya yang tinggi. Jelas dong ya, asam folat itu kan membantu proses pebentukan dan otak janin selama dalam kandungan sehingga meminimalisir risiko bayi terlahir cacat. Selain itu kalium di dalam pisang juga berfungsi mengurangi pembengkakan yang biasa dialami bumil. Hmmm, pisang ternyata banyak manfaat banget yaaa.

Apel

Buah apel ini adalah buah yang tinggi vitamin banget. Mulai dari Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C ada di sebuah apel. Belum lagi kandungan seratnya membantu menjaga kelancaran saluran pencernaan. Apel yang disarankan adalah apel hijau karena kandungan vitaminnya lebih banyak dan lebih alami juga.

Jeruk

Ah, ini buah kesukaan saya banget karena seger! Efektif mengurangi mual dan juga tinggi antioksidan.

Kurma

Kandungan glukosa yang tinggi di dalam buah kurna cocok banget buat bumil yang butuh tambahan alias boost energi ekstra. Selain itu kandungan vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi di dalam kurma juga bermanfaat banget buat bumil serta janin di dalam perut. Tapi dulu sih saya kurang suka makan kurma karena menurut saya kemanisan >.< Hehehe.

Mangga

Buah favorit saya pas hamil dulu! Sekali makan bisa habis 2 sampai 3 buah hahaha. Buah Mangga yang harum ini efektif mengurangi mual kalo buat saya terus kandungan seratnya bikin lancar BAB dan juga tinggi vitamin A serta Vitamin C.

Itu tadi 7 buah-buahan yang bagus untuk bumil. Dari 7 jenis buah itu yang paling jadi favorit saya saat hamil dulu adalah buah Naga karena rasanya yang nggak terlalu manis, segar karena juicy gitu dan teksturnya yang lembut alias nggak keras. Ohya, buah-buahan yang sering kita makan saat hamil kemungkinan besar akan disukai juga oleh anak kita setelah lahir nanti karena mulai dari dalam rahim ia sudah terbiasa dengan rasa buah yang dibawa melalui plasenta. Sekarang nih, kalau lihat Buah Naga and Buah Mangga, anak saya langsung ambil garpu lalu duduk mojok sambil meluk mangkok buahnya. Hahaha.

Ohya, urutan buah yang saya tulis ini bukan mengindikasikan bahwa buah itu paling baik ya,  saya iseng aja nulisnya sesuai dengan apa yang saya ingat. Hehehe. Nah, kalau itu tadi adalah buah-buahan yang bagus buat bumil, sekarang kita bahas yuk buah-buahan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya untuk Ibu Hamil:

  1. Nangka
  2. Durian
  3. Anggur
  4. Nanas
  5. Pepaya
  6. Melon

Apakah ibu hamil (bumil) boleh makan Nangka dan Durian?

Walau saya penggemar berat buah Durian dan juga Nangka, pas hamil dulu saya berusaha menghindari makanan itu. Bukan apa-apa, saya adalah korban lahir lebih cepat dari waktunya alias prematur karena mamak saya dulu makan nangka. Sampe 3 hari saya ada di inkubator katanya. Hahaha. Kalau Durian dan Anggur sengaja saya hindari karena mengandung alkohol kan. Kasihan aja kalau organ-organ mungil adek bayi itu terkena alkohol >.<

Apakah ibu hamil (bumil) boleh makan Nanas?

Nanas memiliki kandungan vitamin yang tinggi, tapi ia juga mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga meningkatkan risiko kontraksi sebelum waktunya atau bahkan keguguran. Lalu rasa asamnya berpotensi mengakibatkan gangguan lambung seperti  penyakit maag.

Lalu kenapa pepaya sebaiknya dihindari bumil juga?

Kalau pepaya sebenarnya bisa dimakan sih sama bumil tapi harus yang benar-benar matang karena getah di pepaya yang belum matang sempurna itu bisa bikin alergi pada bumil. Untuk melon sendiri karena tumbuhnya di tanah maka ada risiko terkontaminasi bakteri listeria dan virus toksoplasma yang berbahay buat bumil karena bisa mengakibatkan keguguran, kematian atau bayi terlahir cacat. 😦 Serem. Mending dihindari aja kecuali nanam sendiri kali ya.

Sebenarnya buah-buahan ini masih bisa dikonsumsi kalo bisa membatasi jumlah intake-nya. Karena buah-buahan ini berbahaya jika dimakan ibu yang memiliki histori saja, namun namanya lagi hamil sih mending hati-hati ya. Kadang saya nggak bisa stop makan apalgi nangka dan duria. Hahaha. Karena nggak mau ambil risiko makanya langsung saya hindari. Hehehe.

 

Selamat Hari Senin, Moms. Semoga yang lagi hamil dilancarkan semuanya ya. Sehat selalu dan bahagia. Muach :*

Advertisements

2 thoughts on “Buah-buahan yang Bagus untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s