Nyeri Ulu Hati pada Ibu Hamil

No language can express the power, and beauty, and heroism, and majesty of a mother’s love. ~Edwin Hubbell Chapin

 

Memasuki trimester ke-3 ini badan saya mengalami perubahan lain lagi dan saya harus beradaptasi lagi. Perut yang makin membesar membuat saya susah bergerak, tendangan-tendangan janin di dalam perut yang di trimester kedua sangat halus semakin terasa hentakannya. Keras dan kadang ngilu saat terkena rusuk. Jadi saya harus beradaptasi dengan kondisi baru ini lagi.

Satu yang saya tidak kira adalah suatu kali saya mendadak terkenaΒ heartburn alias nyeri ulu hati yang amat sangat. Ulu hati rasanya kencang dan sakitnyaaaa… Duh ampun-ampunan!

Apa sih penyebab heartburn alias nyeri ulu hati yang dialami bumil ini?

Penyebab bumi sering megalami heartburn karena lambung yang kian terdesak oleh janin yang berkembang. Hal itu menyebabkan asam lambung naik dan membuat ulu hati sakit.

Cara mengatasi nyeri ulu hati ini gimana?

Siasatnya adalah bumil harus sering makan dalam porsi kecil serta menghindari makanan yang bisa memicu asam lambung naik seperti cokelat, makanan bersantan, makanan sangat pedas dan makanan yang menimbulkan gas. Saya sih tahan pedas dan nggak nyeri ulu hatinya kalau makan yang pedas tapi ternyata saya nggak tahan cokelat >.< Sebelum nyeri itu terjadi saya baru makan cokelat 2 bar. Duuuuh, Cuma 2 bar sakitnya tapi udah luar biasa banget. Ahya kalau udah terlanjur nyeri ulu hati, maka dapat minum air hangat serta air lemon. Minuman itu dapat membantu membuat lambung kembali ke keadaan normal. πŸ™‚

Sekarang, setelah tahu apa dan kenapanya, musti mulai mengetatkan disiplin nih soal makanan biar nyeri ulu hati atau heartburn ini dapat dihindari.

Β 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s