Dancow Stimulearn: Suatu Solusi Untuk Ibu Bekerja

Spend quality time with your children to make them feel loved, wanted, worthy and build their self-esteem up so they go out into the world with confidence. –Nishan Panwar-

Duh, anakkku nanti pinter nggak ya? Aku jarang di rumah soalnya.

Duh, nanti perkembangannya sesuai usianya nggak ya? Aku kerja soalnya.

Wahai Ibu bekerja, sering punya kekuatiran gini nggak? Hayoo ngaku 🙂 Saya sering cemas gini soalnya. Ihiks. Memang nggak bisa dipungkiri kalau tumbuh kembang seorang anak, selain dipengaruhi oleh nutrisi juga dibantu dengan keterlibatan positif dari orang tua. Cuma kan peran perempuan sekarang ini udah nggak terbatas hanya di rumah atau dapur saja ya, saat ini banyak perempuan yang mandiri dan berkarir.

Nah daripada bengong atau menyalahkan diri sendiri karena merupakan ibu bekerja, kenapa juga kita nggak mikir positif dan cari solusinya gitu? Salah satu cara untuk memberikan keterlibatan positif dalam hubungan kita sama anak adalah dengan memastikan bahwa kita memberikan quality time yang cukup. Banyak studi menunjukkan bahwa kualitas dari kebersamaan itu lebih penting daripada kuantitas. Quality time nggak harus pergi wisata jauh-jauh atau makan di tempat mahal lho. Duh, nggak harus begitu. Baca buku, mendongeng, ngobrol atau dengar musik bareng itu sama berartinya. Yang paling penting, quality time tersebut rutin dilakukan. Tentu telepon, TV, dkk sebaikya dijauhkan, jadi quality time yang ada benar-benar intimate. Quality time yang bagus juga bukan kegiatan yang berat-berat tapi kegiatan yang sama-sama menyenangkan buat ibu dan anak. Kalau enggak, ya stress. Ntar anaknya malah nggambek dan nggak mau quality time lagi deh. Hehehe.

Selfie masuk quality time nggak sih? :P

Selfie masuk quality time nggak ya? 😛

Pada saat quality time tersebut, alangkah baiknya jika kita memberikan stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembang anak kita. Nah, ngomongin soal rutinitas dan stimulan, sekarang ada Dancow Stimulearn Applikasi yang bisa jadi jembatan saat quality time untuk ibu bekerja (yang waktunya agak terbatas) dengan anaknya lho.

Stimulearn Aplikasi yang dikembangkan oleh Nestle Research Center, untuk saat ini bisa di-download di perangkat berbasis iOS. Dancow Stimulearn membantu memberikan simulasi di 5 area perkembangan balita yaitu bahasa, pemecahan masalah, daya ingat, atensi dan kemampuan motorik. Tapi tenang deh, stimulasinya nggak bikin dahi berkerut kok. Tapi justru bikin happy karena dilakukan melalui games.

Games di Stimulearn ini ada 5 yang masing-masing memberikan stimulasi di berbagai titik perkembangan:

  1. Games Rumah Cerita: Bahasa, Perhatian dan Psikomotor.
  2. Games Island Market: Bahasa, memori, penyelesaian masalah dan perhatian
  3. Games Kastil Yang Hilang: Memori, Perhatian dan Penyelesaian Masalah
  4. Games Mr. Skylab: Psikomotor, perhatian, penyelesaian masalah dan memori
  5. Games Pantai Pearl: Psikomotor dan Penyelesaian masalah

Karena anak saya masih bayi, saya memainkan games di aplikasi ini dengan Gilbert, keponakan saya yang ganteng. (Weits nggak boleh protes, emang ganteng kok 😉 bweeks :mrgreen: ). Dan menurut saya, apps ini menarik dan edukatif banget. Kenapa? Selesai bermain games tuh akan ada saran-saran apa yang sebaiknya dilakukan oleh saya dan Gilbert. Hal ini bisa memperkuat bonding antara ibu dan anak.

Dancow Stimulearn 4

Kastil yang Hilang alias Forgotten Castle, game kesukaan Gilbert

Dancow Stimulearn 5

Selesai bermain game ada saran-saran kegiatan offline yang bisa dilakukan bareng antara ibu dan anak. Nggak melulu online 🙂

Selain itu, games yang dimainkan juga nggak menguap begitu saja. Hasil bermain Gilbert diterjemahkan jadi informasi penting tentang perkembangannya yang bisa saya baca di Stimulearn Mother app. Dari situ saya dan para ibu lainnya bisa melihat area mana yang perlu lebih distimulasi. Keren kan? ^_^

Dancow Stimulearn 5a

Hasil analisis game yang dimainkan oleh Gilbert.

Dancow Stimulearn 10

Games yang ada juga dilengkapi dengan tingkat kesulitan yang berbeda sehingga kita bisa menyesuaikan dengan level anak. Ya, namanya kan stimulasi, kalau terlalu sulit nanti anaknya malas. Tapi kalau terlalu mudah bisa bosan. Pengaturan tingkat kesulitan ini tepat banget sehingga quality time tetap bisa FUN namun edukatif.

By the way, selain games, juga ada aktivitas belajar secara ofline yang bisa kita mainkan lho. Ide-idenya menarik, jadi nggak kehabisan bahan buat quality time sama buah hati kita 😉

Nggak heran sih kalau Stimulearn applikasi ini edukatif. Soalnya Dancow Stimulearn ini dikembangkan oleh lebih dari 300 ilmuwan dari 50 negara di lho dengan bimbingan para ahli seperti Jane Squires, Ph.D. dan Elizabeth Twombly, M.S. mereka itu penulis Ages & Stages Questionnaires.

Ekspresi Gilbert waktu main bermain hame melalui applikasi Stimulearn. Dari yang serius banget, seneng banget sampe heboh sendiri. Hihihi.

Tapi walau saya meyukai dan merasa terbantu dengan aplikasi ini, saya mencermati beberapa hal yang bisa dikembangkan. Pertama, kesulitan untuk mengunduh Dancow Stimulearn menjadi alasan saya agak malas untuk mencoba aplikasi ini, semoga kedepannya bisa dipermudah dan juga bisa diunduh di OS lain seperti Android. Kedua, saya akan merasa terbantu dan ingat untuk memberikan quality time dengan mengunakan Apps Dancow Stimulearn ini saat ada newsletter yang dikirimkan ke email saya. Di dalam newsletter selain diingatkan akan applikasi ini juga dapat disisipkan info-info tentang ilmu parenting terbaru. Ibu tambah pintar jadinya senang dan happy mommy will have happy kids, right?

Ohiya ini video saya dan Gilbert bermain Kastil yang hilang. Saya bantu Gilbert untuk bermain sekitar 3x, sesudahnya ia sudah dapat bermain sendiri dan mengasah daya ingatnya. Duh seneng deh lihat perkembangannya gitu.

Sesungguhnya quality time selama 20 menit bermain setiap hari dengan anak kita (seperti disclaimer yang ada di aplikasi Dancow Stimulearn) sangat berarti daripada kehadiran kita seharian cuma nggak dengerin anak-anak ngomong atau melakukan apa. Intinya adalah kebersamaan. Betul?

Nah, setelah baca ini, Ibu bekerja udah nggak feeling guilty lagi kan? Yuks tingkatkan quality time sama buah hati kita 🙂

Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog StimuLearn Aplikasi kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan DANCOW Parenting Center

Advertisements

6 thoughts on “Dancow Stimulearn: Suatu Solusi Untuk Ibu Bekerja

  1. echaimutenan says:

    ^^ quality time yup itu saya setuju… tapi ga terbatas cuma 20 menit sehari atau sehari tapi g ngapa2in sama anak loih (sayang sekali kalo ada yang seharian tapi g ngajak anak ngomong :))) )….

    sehat2 yo sebastian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s