Brunch at Newsroom: Main-main ke kantor CNN Indonesia

Tempo hari saya mampir main ke kantor CNN Indonesia dong. *senyum bangga* Hihihi. Rasanya deg-degan gimana gitu, well.. CNN gitu loh! 😀 Anw, saya mampir untuk menghadiri acara Brunch at Newsroom. Acara rutin kali ini mengusung tema Teknologi, Pendidikan dan Peran Orang Tua, hadir sebagai pembicara adalah Iman Usman, Co-Founder & CEO Ruangguru.com dan Mbak Ainun Chomsun, Community Manager CNN Student. Aiiih, tema dan pembicaranya bikin nggak ku-ku, gathering ini menarik banget dan sayang kalau dilewatkan. Langsung saya datang. ^_^

Acara dibuka dengan perkenalan dari Mbak Ainun yang ngasih tau soal apa itu CNN Community Student. To be honest, buat saya pribadi sih, acaranya dibuka dengan sesi poto-poto narsis di wall CNN hahaha.

Apa itu CNN Community Student?

Jadi gini… Sebagai bentuk kepedulian CNNIndonesia.com terhadap pendidikan maka CNN Community Student dibentuk sebagai wadah ekspresi pelajar dan mahasiswa untuk berkontribusi dengan konten cerdas yang menghibur. Sementara bagi orang tua dan pendidik, platform ini bisa menjadi ajang berbagi informasi yang menarik seputar edukasi.

Kenapa perlu ada konten yang cerdas dan menghibur? Kalau kata Mbak Ai, kita nggak akan bisa mengatur isi internet, tapi yang bisa kita lakukan adalah menyediakan konten-konten positif sehingga konten negatif dapat tergeser. Well, benar juga. Oleh karenanya CNN Community Student ini hadir sebagai salah satu media demi internet yang sehat.

Memanfaatkan Teknologi untuk Hal-hal Positif

Nah, sebagai orang tua, kita wajib tau dan melek internet. Kenapa? Jangan pikir mentang-mentang anak ada di rumah itu artinya dia aman. Dengan internet, raga memang ada di rumah tapi bisa aja ia mengembara membaca atau menonton macam-macam hal yang kita tidak tahu apa, bisa konten yang bagus atau malah konten buruk seperti kekerasan, pornografi atau perampokan. Lalu, apa karena kita kuatir anak terpapar hal negatif maka kita jauhkan anak dari segala macam gadget dan teknologi? No, no, no. Bukan begitu caranya. Kita bisa kok memanfaatkan teknologi untuk kemajuan dan hal-hal positif. Pada dasarnya kan teknologi itu tergantung pada tangan yang ada di belakang layar, gimana cara kita memanfaatkannya.

Iman Usman yang sangat menginspirasi. Menggunakan teknologi dan internet untuk mendorong kemajuannya.

Iman Usman yang sangat menginspirasi. Menggunakan teknologi dan internet untuk mendorong kemajuannya.

Nah, Iman Usman, founder @ruangguru berbagi kisahnya bagaimana berkawan dengan internet dan memanfaatkan teknologi untuk kemajuannya. Jadi ceritanya Iman ini berasal dari Sumatera Barat, ayahnya penjual minyak dan ibunya ibu rumah tangga. Dari SD ia udah demen banget ke warnet buat main game tentang Harry Potter. Dari situ ia malah jadi Belajar bahasa Inggris, ia chatting dengan orang-orang bule untuk melatih speaking skill-nya, bahkan ia bisa berjualan online merchandise Harry Potter! Keren ya? Melalui internet juga, ia selangkah lebih maju dalam hal informasi sehingga ia sering menang berbagai kompetisi. Itu kisah manisnya, tapi tetap ada batasan-batasan dalam penggunaan internet yang orang tua perlu terapkan ke anak-anaknya. Isman berbagi tipsnya.

Tips Ortu Agar Anak Bijak dengan Internet:

  1. Berikan kepercayaan kepada anak kita untuk ia berselancar di internet tapi tetap dibekali dengan wejangan tentanng apa yang baik dan buruk.
  2. Mendampingi (share responsibility). Orang tua mesti melek internet dan teknologi, dengan begini kita bisa mengarahkan atau memberi referensi kepada anak. Misalnya, anak kita sukanya main game, kalau kita nggak ngerti soal game bisa aja anak main game yang penuh kekerasan. Tapi jika kita melek teknologi maka kita bisa kasih referensi game lain yang lebih pas untuk anak kita. Jadi bukan melarang tapi mengarahkan. Orang tua memberikan referensi dan pembanding.
  3. Memberi tanggung jawab. Iman tidak main internet secara cuma-cuma, ia mesti menabung dan cari uang untuk membayar ½ tagihan internetnya (yang ½ lagi dibayari ayahnya). Dengan begini, Iman belajar bertanggung jawab dalam menggunakan kuota internetnya. Dia tau, semakin lama ia main internet maka semakin banyak uang jajannya yang harus dia alokasikan untuk bayar internet. Hal itu membuatnya selektif berselancar, ia browsing yang penting-penting aja.
  4. Ada reward dan Punishment. Jika anak sukses menggunakan internet untuk kemajuannya, jangan lupa diapresiasi, bentuknya bisa pujian atau hadiah. Tapi jika anak melakukan hal-hal yang tak pantas, jangan segan untuk menghukumnya juga.

Hal-hal tersebut diterapkan oleh orang tua Iman dan dengan pemanfaatan internet dan teknologi secara tepat, Iman bisa kuliah S2 di Amerika. Saat ini Iman adalah founder dan CEO dari @ruangguru dengan 60 orang pegawai. @ruangguru ini merupakan aplikasi yang menghubungkan guru privat dengan orang tua. Bisa diakses kapan saja dan bahkan lagi dkembangkan tutorial online. Keren banget ya? Pssst, Iman ini masih 24 tahun lho! Masih muda dan prestasinya berjejer keren. Semua berkat pemanfaat internet yang tepat.

Ibu-ibu yang hadir antusias banget dengerin Iman Usma, banyak yang nanya-nanya juga ^_^

Ibu-ibu yang hadir antusias banget dengerin Iman Usma, banyak yang nanya-nanya juga ^_^

Ah, saya pulang dengan banyak pencerahan dan dengan banyak tentengan juga. 😀 Dapat keju Prociz, Minyak SunCo dan produk K-Link segambreng. Hati senang dan riang gembira. Maklum emak-emak ^_^ Hahaha.

 

Selamat hari Kamis, Moms… Udah nggak alergi lagi sama teknologi kan?

 

Alamat CNNIndonesia.com

Gedung Aldevco Octagon lantai 5

Jalan Warung Jati no.75 Buncit Raya Pejaten, Jakarta Selatan

 

Advertisements

2 thoughts on “Brunch at Newsroom: Main-main ke kantor CNN Indonesia

    • Ceritaeka says:

      Ah iya, soal waktu aku juga sepakat. Mesti dibatasi sehari berapa lama. Well, namanya generasi sekarang ya, udah nggak jaman dilarang-larang, kita yang mesti berdamai dengan penggunaan internet dan teknologi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s