Tentang Mencari Sekolah dan Membuat Rencana Dana Pendidikan

Planning is bridging the future into the present so you can do something about it now. -Alan Lakein-

Nggak terasa sebentar lagi baby B akan berusia dua tahun, akan masuk Playgroup dan lalu masuk SD. Iiiih, perasaan kemarin masih di perut, lah sekarang udah mau sekolah aja πŸ˜€ Ah, how time flies ya. PR saya jadi orang tua bertambah satu lagi deh: cari sekolah yang cocok dengan nilai-nila yang kami anut dan siapin biayanya :mrgreen: (bagian terakhir ini penting banget. Hahaha). Well, sebagai orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik buat anak dong dan itu semua butuh persiapan karena kalau ngomongin pendidikan tentu nggak akan lepas dari yang namanya biaya. Betul?

Sun Life Edu Fair 2016

Nah, ceritanya kemarin saya dan bapak suami main ke Senayan City karena sedang ada Sun Life Education Fair. Selain booth-booth sekolah juga ada talkshow tentang gimana jadi teman buat anak, gimana cara mendidik anak, sampai gimana mempersiapkan dana pendidikan anak. Ada juga penampilan musik, capoeira sampai kegiatan mendongeng buat anak-anak. Komplit banget deh acaranya. Di booth-booth sekolah, bisa tanya-tanya untuk membandingkan kurikulum, metode pengajaran dan biaya tanpa mesti keliling ke masing-masing sekolah atau kena macet. Kalau soal fasilitas sih, bandinginnya nanti aja setelah ada gambaran sekolah yang dituju. Suka deh sama edufair ini, bikin hemat tenaga! πŸ˜› Hehehe.

Kenapa Membuat Rencana Dana Pendidikan itu Penting?

Jadi, pas di Sun Life Edu Fair itu, saya mampir ke tiga booth sekolah; Don Bosco, Kinderland dan High Scope. Dari hasil nanya-nanya itu, saya bisa menarik kesimpulan kalau biaya sekolah naik sekitar 10% per tahun. Agak ketar-ketir juga. Lha itu biaya pendidikan naik 10% per tahun, tapi gaji bisa naik segitu juga enggak per tahun? :mrgreen: Belum lagi biaya lain-lainnya kayak ekskul, les renang, les bola, dsb? Beuh! Rambut bisa keriting nanti kalau nggak siap-siap dari sekarang! Kenapa eksul itu perlu dipertimbangkan ortu juga? Well, kalau menurut Erlinda Iswanto -Sekjen KPAI- yang jadi nara sumber di salah satu tak show, anak digital zaman sekarang jika terpapar gadget terlalu lama rentan menderita BLAST (Bored, Lonely, Angry, Stress, Tired) oleh karena itu mesti kita salurkan bakat dan minatnya ke kegiatan-kegiatan yang positif.

Intrumen Keuangan untuk Mempersiapkan Dana Pendidikan

Nah, tadi saya udah cerita soal inflasi atau kenaikan biaya pendidikan yang nyampe sekitar 10% per tahunnya. Pertanyaannya, apakah sumber pendapatan kita bisa naik juga mengimbangi kenaikan inflasi? Kalau enggak, berarti kita mesti putar otak dari sekarang, gimana caranya uang yang ada saat ini nggak berkurang nilainya di masa mendatang.

Ada banyak instrumen sih buat siapin dana pendidikan. Bisa cara konvensional dengan nabung/deposito, beli asset seperti rumah, tanah atau emas atau dengan asuransi. Kita bahas satu-satu ya.

Berapa bunga yang kita dapatkan dari menabung secara konvensional? Nggak lebih dari 3% setahun cyin. Lha inflasinya aja 10%, tapi bunya 3% aja. Barti dengan uang yang sama maka beberapa tahun ke depan nilainya menurun dong. Maka berarti instrument ini kurang pas. Kalau beli asset seperti tanah atau rumah? Bisa siiiih, tapi mesti punya modal yang gede. Lha kalau karyawan model kita-kita yang bisanya nyisihin duit dari gaji bulanan? Asuransi jawabnya! Kenapa? Return dari asuransi cukup besar, dengan perkiraan return yang kecil aja, bisa dapat sekitar 16% per tahunnya, return sedang atau tinggi tentu lebih gede lagi. Ini saya tau soalnya kemarin saya minta dihitungakan kalau bikin polis asuransi pendidikan sama financial advisornya Sun Life. Hehehe. Lumayan banget, saya dapat penceraha baru soal persiapan dana pendidikan anak ini.

Sun Life Education Fair 2016, pameran pendidikan yang mempertemukan sekolah-sekolah, para pakar pendidikan, orang tua dan anak-anak di Main Atrium Senayan City, Jakarta pada 28 – 31 Januari 2016. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi para orang tua akan pentingnya mulai mempersiapkan pendidikan anak mereka di masa depan sejak dini dan memberikan saran tentang cara mempersiapkan dana pendidikan anak.

Talk show tentang bagaimana menjadi orang tua menjadi sahabat buat anak. Materinya bagus banget. Nanti dbiuatka pos terpisah deh. Btw Teuku Zacky ganteng amat yaaaks :P Hihihi

Talk show tentang bagaimana menjadi orang tua menjadi sahabat buat anak. Narasumbernya qualified banget, ada Erlinda Iswanto (sekjen KPAI), Norman Nugraha (Chief Agency Officer Syariah PT SUn Life Financial Indonesia) dan Teuku Zacky (Founder Sahabat Anak Negeri). Materinya bagus banget. Nanti dbuatkan tulisan terpisah deh. Btw Teuku Zacky ganteng amat yaaaks πŸ˜› Hihihi

Sun Life Edu Fair ini seru banget. Hari ini hari terakhir, sampe jam 10 malam lho. Cuss buruan ke Sency kalau mau tau dapat banyak informasi menarik dan cari-cari tau sekolah yang cocok buat anak kita. Dihibur performance keren pula dari anak-anak berbakat.

Asuransi Dana Pendidikan Demi Masa Depan yang Lebih Baik

Seberapa penting sih asuransi dana pendidikan itu? Menurut saya penting banget karena bisa jadi instrumen keuangan untuk menjawab laju inflasi yang ada. Tapi perlu digarisbawahi ya.. kalau ambil asuransi pendidikan, beneran asuransi pendidikan aja, jangan digabung sama asuransi kesehatan supaya return untuk pendidikannya maksimal. Sebaik-baiknya manusia kan adalah manusia yang berencana dan berusaha. Please do remember, a goal without a plan is just a wish! So let’s plan your child’s future now. Ohya, untuk tau lebih banyak soal asuransi dana pendidikan, intip kanal-kanal social media Sun Liffe aja ya. Twitter: @SunLife_Id, Facebook SunLifeIndonesia dan juga kanal Youtube Sun Life.

Selamat Hari Minggu, Moms! Sudah Siapin Dana Pendidikan Anak Belum?

Advertisements

9 thoughts on “Tentang Mencari Sekolah dan Membuat Rencana Dana Pendidikan

  1. Yasinta Astuti says:

    Wah acaranya rame ya pasti. Soal perencanaan keuangan untuk pendidikan emang mesti banget ya, soalnya biaya pendidikan zaman sekarang melambung tinggi

  2. Irawati Hamid says:

    biaya pendidikan setiap tahun semakin mahal yah Mbak, olehnya itu sudah kewajiban kita sebagai orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan untuk dipakai oleh anak-anak kita di masa yang akan datang πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s