Tips Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Satu hal yang sering banget dialami para ibu hamil alias bumil tuh kaki bengkak. Berdiri kelamaan, duduk kelamaan atau jalan terlau jauh bisa bikin kaki bumil jadi segede gajah nggak karuan >.< Bukan masalah penampilannya, tapi kaki bengkak sendiri kadang bikin ngilu dan nggak nyaman. Memasuki bulan ke-7 kehamilan, saya sering banget mulai mengalami kaki bengkak juga. Saking bengkaknya, itu nomor sepatu jadi naik satu tingkat duuuunk >.< Yes! Jadi bisa ada alasan untuk beli sepatu baru. Eh :mrgreen: alasan apa pula ini? Hahaha.

Saya pernah menanyakan pada obgyn saya kenapa sih kaki bumil itu sering bengkak? Jadi kata Pak Obgyn yang ganteng ituh, ada begitu banyak pembuluh darah di kaki namun darah yang mengalir turun terkadang nggak bisa balik naik lagi karena terhambat perut yang membesar. Ya sudah, bengkak deh itu kaki. Begituuuu.

Kaki saya nggak bengkak aja segede begini, kebayang nggak kalau bengkak gimana? :D

Kaki saya nggak bengkak aja segede begini, kebayang nggak kalau bengkak gimana? šŸ˜€

Anyway, saya punya trik sendiri sih untuk mengatasi kaki yang bengkak. Sini saya share ya Tips atau Cara Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil alias Bumil ala EKA:

  1. Saat pagi hari, jalan dengan bertelanjang kaki alias tanpa alas di rumput. Saya nggak tau indikasi medisnya apa sih, mungkin juga sugesti atau gimana, tapi saat saya berjalan kaki di atas rumput dan merasakan embun pagi yang segar itu menyentuh telapak kaki rasanya tuh nyeeesss, enak gitu.
  2. Setelah berjalan kaki di rumput, biasanya saya lanjutkan dengan berjalan kaki di aspal depan rumah. Masih tetap tanpa alas kaki. Segar lho, jalan pagi menghirup udara dan kaki pun terasa kuat. Total jalan kaki ini biasanya 30 menit. 15 menit di rumput dan 15 menit di jalanan šŸ™‚
  3. Usahakan tidak berada di dalam satu posisi dalam waktu lama, misalnya duduk, berdiri atau berjalan. Contoh aja, kalau harus bekerja dengan posisi duduk, buat jadwal teratur untuk berdiri atau berjalan-jalan sedikit buat melakukan peregangan. Lakukan hal sebaliknya jika berada di posisi lain.
  4. Lakukan senam telapak kaki. Jadi duduklah menyandar ke tembok, luruskan kaki kemudian satu kaki ditarik ke dalam sementara kaki lain ditarik keluar. Lakukan berulang-ulang hingga beberapa set.
  5. Rendam kaki dalam air dingin. Lho kok air dingin? BUkan air hangat? Air dingin memiliki khasiat membuka/memperlebar pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir kembali ke bagian atas tubuh. Sementara air hangat berfungsi mengecilkan pembuluh darah, oleh karena itu biasanya dilakukan apabila sedang cidera.
  6. Gantungkan kaki dengan posisi lebih tinggi dari dada. Tapi karena dada saya sering sesak dan posisi seperti ini malah bikin dada kayaknya makin sempit, kecuali badan lagi enak banget, tips terakhir ini jarang saya lakukan sih šŸ™‚

 

Sekian tips dari saya buat mengatasi kaki bengkak pada bumil.

Salam calon ibu! :* kiss kiss

Advertisements

7 thoughts on “Tips Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

  1. cputriarty says:

    kurangi konsumsi garam juga mak Eka (dulu aku juga demikian rekomendasi dokter obygin yang guanteng) šŸ™‚ btw kok akun twitterku blm difolbek ya mak (@cputriarty). Slmt menjalani khamilan šŸ™‚

    • Ceritaeka says:

      Obgynku nggak nyuruh kurangi garam, itu kalau kaki bengkak karena tensi darah tinggi. Kalo murni karena oeredaran darah yang nggak lancar nggak perlu kurangi garam.

  2. Rina says:

    halo mbak.
    kalau pengalaman saya dulu, justru enakeun direndem pake air anget + garem sepulang kantor.
    udah gitu pas duduk selama di kantor, kaki diganjel sama dus atau sesuatu spy tdk menjuntai…

    kalau soal ganti ukuran sepatu ama sendal, udah pasti tiap hamil 7bln ke atas kudu nyari ukuran yg lebih gede hihihi šŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s