Lulus ASI Eksklusif. Yeay!

Mata saya agak basah pas menulis ini. Hari-hari saat 6 bulan kemarin seolah terbayang kembali di pelupuk mata. Masih ingat betul, hampir tiap pagi saya menstimulasi diri sendiri: โ€œayo Eka, semangat mompa untuk Bastian.โ€ Tiap hari saya bangun dengan target nggak muluk-muluk: pompa yang banyak biar hari ini Bastian nggak sampai campur sufor. Besok gimana? Pompa dan pompaaa ๐Ÿ˜€ Begitu terus. Hehehe.

Jangan pikir kalau ASI saya berlimpah-limpah. Produksi ASI saya biasa aja dan produksi yang biasa aja itu jadi terasa kurang saat saya mesti keluar kota atau lembur. Jadi, yang namanya mompa kejar tayang, power pumping buat naikin produksi ASI, terkantuk-kantuk pas tengah malam saat nambah frekuensi mompaโ€ฆ Itu semua sudah saya alami. God knows how hard I tried! Bahkan pernah pas kepepet, Bastian diboyong juga ngintilin saya dinas keluar kota biar ASInya nggak putus.

Tenteng Bastian kemana-mana demi ASI Exclusive! ^_^

Tenteng Bastian kemana-mana demi ASI Exclusive! ^_^

Sungguh nggak gampang. Penuh perjuangan dan seringkali saya merasa saya memacu diri ini melampaui batasnya. Saya ngalamin kok itu yang namanya kabur ke ruangan buat mompa di sela-sela meeting bahkan mompa di mobil saat macet dan minta supir kantor untuk membalikkan rear mirror. Iya, saya tahu bangeeet yang namanya jungkir balik demi memenuhi stok ASI. Kadang juga saya nangis saat rasanya nggak sanggup lagi atau saat mau menyerah. Tapi perlahan semangat saya naik saat ingat senyum lebar Bastian kalau pas minum ASI. Lebay ya? Hihihi tapi bener deh, pas ngejalanin itu memang rasanya ya manis-manis sedap.

Saya nggak mungkin ngelakuin ini sendirian. Jelas banget saya didukung penuh sama suami. Adrian berjaga hingga larut untuk menemani saya mompa sekitar jam 23.00. Adrian juga tak alpa bangun untuk memijit punggung saya saat dini hari Bastian minta disusuin. Kayaknya sederhana ya, bangun nemenin. Tapi itu moral support yang ampuh bikin semangat saya naik lagi saat saya kelelahan karena harus menyusui.

Ya, soalan memberikan ASI ini bukan cuma urusan saya dan Bastian aja. Adrian ikut terlibat.

Selain itu saya juga didukung busui-busui heibat yang tak putus mendukung dan menyemangati saat lagi down. You know who you are. Thank you Mahmud-mahmud..;)

Ngomong-ngomong, emang kenapa sih ngotot banget mesti ASI Exclusive?

Well, saya mengikuti standar kesehatan WHO untuk memberikan ASI Exclusive (ASI dan hanya ASI tanpa air putih atau air yang lain) selama 6 bulan. ASI adalah salah satu faktor penunjang kecerdasan anak dan saat memberikan ASI maka ibu juga mentransfer imunitasnya kepada bayi. Versi komplit manfaat ASI pernah saya tulis di sini. Boleh diintip deh ๐Ÿ˜‰

Lulus ASI Eksklusif :*

Lulus ASI Eksklusif :*

Anyway, untuk anakku sayang Sebastianโ€ฆ Selamat ya, Nak. Sudah ASI Exclusive selama 6 bulan. Terima kasih sudah berjuang sama-sama. Terima kasih sudah mau mengerti saat mamimu ini mesti tugas keluar kota. Sehat-sehat selalu ya, Nak. Sekarang ayo kita berjuang lagi supaya kamu bisa ASI hingga 1 tahun.

Untuk Adrian suamiku sayangโ€ฆ Terima kasih dukungannya! I couldnโ€™t do it without your support. Smooches :*

Untuk busui-busui lain yang sedang berjuang.. Semangat yaaaโ€ฆ. Percayalah, dijalani hari demi hari, nanti tiba-tiba nggak terasa udah 6 bulan aja. ๐Ÿ˜‰ Ayo kita berikan apa yang menjadi hak anak kita ^_^ Peluuuks

SALAM ASIX!

Advertisements

14 thoughts on “Lulus ASI Eksklusif. Yeay!

  1. Virgorini Dwi Fatayati says:

    Selamat ya Mbak, moga Bastian selalu sehat. Perjuanganku untuk asi eksklusif juga lumayan berasa nano-nano. Dari minum asi booster tea sampai ngejus pare 3 kali sehari. Apapun dilakukan yang penting asi melimpah.

  2. niee says:

    Down itu seringgg.. Tapi selalu pas down disemangatin lagi sama suami..

    Nyerah aja ya pa toh udah lulus asix 6 bulan. Itu yg pernah tersebutkan oleh aku tapi karena dukungan suami jadi gak terasa udab bisa melewati asix 1 tahun..

    Pas umur k setahun kembali galau karena produksi hasil pompa berkurang drastis dari selama ini.. Sekarang seperti mulai dari awal. Minum susu busui lagi.. Sering2 pompa lagi cari cari celas jam jam buat dapet produksi asi yg banyak.. Aaahh.. Memang perjuangan ya mbak..

    Mudah2an kita bisa bertahan sampe dua tahun ya mbak eka.. peluksemangat

  3. ipied says:

    yay! selamat S1 Asix Sebastian! ๐Ÿ˜€ iya dukungan semangat dari suami, dari teman2 seperjuangan itu bener2 pelipur manyun kalo hasil perah lagi seret. ๐Ÿ™‚

    Oh iya selamat wisata kuliner juga buat Sebastian, sekarang udah bisa icip2 makanan dehh ๐Ÿ™‚ hihihi…

  4. dela says:

    Mbak Ekaaaa.. so proud of you! Banyak banget emang perjuangan memberikan ASI Eksklusif yaaa.. mudah2an bisa terus memberikan yang terbaik buat Bastian yaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s