TIPS MENGATASI ANAK YANG SUSAH MAKAN SAYUR

RESEP NASI GURIH BROKOLI

Problema klasik hampir semua emak-emak di muka bumi ini adalah anak susah makan sayur. πŸ˜€ Dulu sih pas masa MPASI, anak manis-manis aja disuapin sayur. Disodorin buah pun hayuks aja. Eh, sekarang begitu masuk masa balita dan udah bisa ngomong? Disodori sayur tiba-tiba mulutnya dikunci rapet, dikasih buah eh malah anaknya melengos. Ada yang ngalamin begitu? Tenang, Shaaaay. Banyak temannya koook. Percayalah dirimu nggak sendirian. Buanyak moms yang mengalami fase begini juga. Hehehe. Maka nggak perlu dibawa stress, nggak perlu panik.

To be honest, kalo soal makanan Basti nggak terlalu susah. Saya memetik banyak sekali manfaat dari metode BLW yang saya terapkan. Nggak tau apa itu BLW? Baca di sini dulu ya. Dari mulai masa MPASI dulu, Basti sudah saya kenalkan dengan semua rasa dan tekstur asli dari buah dan sayur sehingga di usianya yang 2,5 tahun ini Basti termasuk mudah makan sayur. Brokoli, bayam, buncis, kacang panjang dan wortel adalah beberapa sayur yang ia sukai. Tapi walaupun ia tergolong suka makan sayur, jelas ada masanya B mengunci mulutnya rapat-rapat dan lari kabur saat saya bawakan sayur πŸ˜› Kalo fase males makan sayur lagi kumat maka saya lakukan beberapa tips di bawah ini. Saya tuliskan, siapa tau berguna.

Tips Mengatasi Anak yang Susah Makan Sayur ala EKA:

  1. Kenalkan buah dan sayur kepada anak sedari dini. Dengan begini kita jadi tahu buah atau sayur apa yang menjadi kesukaannya. Memang betul kebutuhan gizi anak tidak bisa dipenuhi dari 1-2 sayur aja tapi harus dari beragam sayur-mayur. Tapi, kalau kita tau apa kesukaannya maka saat fase susah makan sayur datang, kita bisa berharap dapat tetap makan sayur (at least yang ia sukai).
  2. Kreatif memasak sayur. Mungkin anak kita lagi bosan sayur yang model begitu-begitu aja, coba dikreasiin dikit deh. Basti itu hobi banget makan sop sayur dengan kuah kaldu. Mulai dari sop kaldu ayam brokoli, sop kaldu daging buncis atau sop kaldu tuna wortel. Terus, suatu waktu Basti emoh makan itu semua. Pas iseng saya bikinin bening bayam, eeeh malah lahap. Ternyata dia bosen sama kaldu maunya yang bening-bening gitu sama tumis-tumis. Hehehe.
  3. Sembunyikan sayur di dalam makanann tanpa terlihat. Coba deh bikin omelet bayam, nasi gurih brokoli yang brokolinya sudah dihaluskan atau
  4. Bikin Jus buah atau sayur. Kalo emang udah
  5. Walk the talk. Kasih contoh dong shay, gimana coba anak mau seneng makan sayur dan buah kalo ortunya aja anti?
  6. Hindari memaksa anak nanti jadi trauma. Kalo semua tips di atas udah nggak mempan lagi, biasanya sih saya bikin Basti jadi lapar banget. Saya ajak main yang menguras tenaga dan jarak makan agak dijauhkan jadi dia lapar banget. Begitu lapar biasanya apa aja masuk. Hehehe.

Ohya salah satu resep andalan saya saat Basti sulit makan adalah Nasi Gurih Brokoli. Saya bagi respenya di sini ya:

NASI GURIH BROKOLI

Bahan:

  • Nasi (dinginkan)
  • Salmon
  • Brokoli
  • Wortel
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1cm jahe
  • 1 buah sereh
  • Kecap asin
  • Minyak zaitun

Cara Membuat:

  1. Rebus Brokoli, Salmon dan Wortel dengan jahe dan sereh.
  2. Wortel dipotong dadu, Brokoli dicincang halus, dan Salmon disuwir-suwir.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih dan garam.
  4. Tumis bumbu halus ke dalam frying pan sampai harum, masukkan nasi dan sayuran kemudian tambahkan kecap asin. Sajikan panas.

Udah deh. Sesederhana itu resepnya. Ohya kalau masak itu perhatikan kualitas peralatan masak kita ya, Moms. Frying pan yang bagus ituh panasnya merata sehingga masakan pun matang sempurna. Kandungan gizi makanan pun terjaga. Jelas dong frying pan yang bagus itu ada harga ada rupa. Tapi jangan kuatir dompet jadi togpes buat beli wajan, ada berita bagus dari Alfamart nih. Saat kita belanja sebesar 30 ribu rupiah maka kita akan dapat stamp. Nah, kumpulin deh stamp-stamp itu buat ditukarkan dengan Royal Cookware yang mempunyai 5 kelebihan; bahan teflon tahan lama dan tidak mudah rusak, mudah dibersihkan, panas merata, handle tidak panas walau sedang digunakan, daaaan… lulus uji standar kualitas Eropa dong!

Saya masih dalam proses ngumpulin stamp nih, Moms :mrgreen: Semoga bisa segera terkumpul biar bisa bawa pulang panci inih. Anuh, setiap penukaran stamp dengan item Royal VKB tipe/ukuran apapun berkesempatan memenangkan hadiah undian berupa paket tour perjalanan ke Belanda. AAAAAK MAUUUUU!

Btw, sambil menyelam minum air, nih. Tadi ngintip web-nya Alfamart ternyata ada kontes resep gituh! Β Caranya gampang banget!

KONTES RESEP ROYAL VKB COOKWARE UPLOAD RESEP BERHADIAH JALAN-JALAN KE BELANDA

  1. Setiap pelanggan yang berbelanja Rp 30.000 Produk Sponsor dari RoyalVKB Cookware bisa mengikuti Kontes Resep Royal VKB Cookware
  2. Upload Foto melalui Facebook, Twitter atau Instagram dengan #PilihanBundaAlfamart, Sertakan dengan no struk pembelanjaan dalam caption foto dan resep yang di unggah ke social media.
  3. Resep merupakan karya asli dari peserta
  4. Jika resep terbukti bukan milik peserta, penyelenggara berhak untuk membatalkan
  5. 10 Peserta yang terpilih Oleh Juri, diwajibkan memasak sesuai resep yg diupload secara langsung dihadapan juri untuk memperebutkan juara 1-10.
  6. Keputusan pihak penyelenggara bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
  7. Syarat dan ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu.
  8. Hati-hati penipuan yang mengatasnamakan program ini.
  9. Informasi tentang program ini ada di website http://www.alfamartku.com

Β 

10 Hadiah untuk Resep terbaik + Kontes Masak

5 Hadiah untuk Upload Resep terbanyak : Masing-masing pemenang akan mendapatkan a-Voucher belanja Alfamart senilai Rp 500.000. Seru amatan sih hadiahnyaaaa. πŸ˜›

Anw, menurut para Moms yang kece di sini, kalo saya ikut sertakan Resep Nasi Gurih Brokoli ke Kontes Resep Royal VKB Cookware kira-kira bisa masuk jadi finalis tak?

Advertisements

17 thoughts on “TIPS MENGATASI ANAK YANG SUSAH MAKAN SAYUR

    • Ceritaeka says:

      Ah, toss dulu dong, Ben! Btw kak, aku bingung deh. Aku kan langganan blog kk ya tapi kenapa kalo ada post baru sekarang gak masuk emailku ya? Aku coba subscribe ulang tapi notofnya bilang udah subs. Duh.

  1. Devi says:

    Aku juga nyembunyiin sayur di balik nasi… hahaha…Dan sambil dialihkan perhatiannya, langsung lhep-lhep-lhep… Pokoknya sayurnya masuk ;))

  2. @mirasahid says:

    Poin 3 kayanya patut dicoba ya mak. Meski sebenernya anakku suka sayur, cuma kadang suka males2an anaknya. Btw, ikutan aja, siapa tau bisa ke Belanda. *ahzeeg

  3. tiure says:

    Tips lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan holistic technique. Ceritakan pada anak manfaat makanan tersebut, kalau anak terlalu kecil bisa melalui dongeng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s