Baca ini Dulu Sebelum ke Big Bad Wolf Book Sale Jakarta

Tips dan Trik Berburu Buku di Big Bad Wolf Book

Jakarta dan sekitarnya lagi demam sama Big Bad Wolf Book yang lebih beken disingkat BBWB. Grup-grup WA rame ngomongin antriannya, hotel-hotel seputaran BSD juga penuh ampun-ampunan. Pokoknya banyak orang lagi latah ngomongin dan datengin event ini deh. Lho memangnya apa sih Big Bad Wolf Book ini? Ada hubungan apa sama serigala? Apakah pameran binatang buas atau gimana? :mrgreen: percayalah, bukan kamu aja yang nggak paham soal ini, tahun lalu saya pun bingung soal BBWB ini kok πŸ˜€

Singkatnya, Big Bad Wolf Book (selanjutnya akan disingkat BBWB) ini adalah ajang penjualan buku yang diskonnya gede-gedean. Nggak tanggung-tanggung, mulai 60-80% lho! Hmmm, kalo cuma diskon aja kenapa rame ya? Kayaknya banyak toko buku yang kasih diskon juga setiap saat, kenapa BBWB ini heboh banget? Tak lain dan tak bukan karena koleksi bukunya yang luar biasa beragam bahkan mayoritas adalah buku impor. Ya, gimana orang nggak kalap di BBWB kalo buku impor yang saya lihat di Changi airport harganya 200 ribu, eeh di BBWB cuma dihargai 50 ribu aja. Langsung borong! πŸ˜€

Anw, pada tanggal 20 April 2017 lalu saya berkesempatan untuk datang preview BBWF sebelum dibuka untuk umum mulai 21 April hingga 2 Mei 2017. Namanya preview maka yang datang pun jumlahnya terbatas dan mendapatkan kesempatan untuk melihat/membeli koleksi buku yang ada sebelum orang lain. Jelas saya seneng banget! Bisa pilih-pilih buku duluan.

Begitu masuk ke dalam hall ICE (saya masuk melalui pintu hall 8) saya memindai area buku yang saya inginkan yaitu anak-anak. Letaknya agak di bagian belakang. Anw, koleksinya walau banyak yang baru namun ada juga koleksi tahun lalu. Yang paling saya suka adalah koleksi activity books. Benar-benar mengedukasi dan pas sama kebutuhan saya dan anak saya. Pas pilih-pilih buku sih nyaman ya, nggak desak-desakkan atau senggol-senggolan. Beda sama tahun lalu yang Cuma pakai 2 hall, tahun ini pakai 4 hall sekaligus jadi lebih lega.

Denah jenis-jenis buku. Pelajari ini dulu supaya tahu buku yang kita mau ada di mana jadi nggak buang-buang waktu keasar di antara ribuan buku πŸ˜›

Borong, borooong

Kesukaan di Big bad Wolf Book

 

Soal Antrian di Big Bad Wolf Book

Anw, walaupun untuk yang datang ke acara preview BBWB ini dibatasi jumlahnya sehingga pas belanja nyaman tapi ternyata pas bayar tuh tetep aja ajegile. Antriannya mengular! Saya menghabiskan 1,5 jam buat memilih buku tapi 3 jam buat ngantri bayar. Total 4,5 jam aja. Huhuhu. Kalau dari hasil pengamatan saya, yang bikin antrian bayar ini lama adalah system pembayarannya. Pas di kasir tuh kadang barcode buku nggak kebaca, jadi kasir mesti input manual. Ya jelas lama kan? Belom lagi sistemnya sempet chaos. Di depan saya belanja hampir 50 juta, udah input semua terus itu mesin kasir hang jadi ULANG LAGI NGINPUT DARI AWAL. Duh, ngelus dada banget nggak sih? 😐 . Diperparah lagi saya datang pas kasirnya aplusan alias ganti shift. Mereka mesti tutup kasir buat hitung-hitungan serah terima kasir. Saya nggak ngerti gimana tapi pas aplusan itu kasir bisa ditutup sampai satu jam. Nah, total ada 6 kasir di line saya, 2 tutup karena applusan, 1 kasir lagi mesti ngulang nginput belanjaan hampir 50 juta… Otomatis kasir yang aktif melayani itu hanya ada 3 saja. Ya panteslah kalo saya ngantri sampai 3 jam ya. Dari tahun lalu soal antrian bayar ini emang udah bikin sakit perut sih. Tapi saya tep nggak kapok datang πŸ˜› hihihi. Lha gimana, diskonnya murah parah!

Ini lhoo antrian bayarnya. 3 jam aja padahal udah antri di fast track Mandiri

Ohya, untuk memudahkan saya rangkum deh apa-apa yang perlu disiapkan buat datang ke BBWB. Simak di bawah ini yaaa…

Tips dan Trik Belanja di Big Bad Wolf Book

Do’s:

  1. Siapkan snack atau makanan kecil dan minum dalam kemasan kecil buat teman pas ngantri. Kalau pas belanja sih bisa melipir ke arena makanan di dalam hall ya, tapi kalau pas ngantri bayar kan nggak bisa ditinggal-tinggal makanya sedia makan kecil deh.
  2. Bawa cash atau siapkan Kartu debit/kredit Bank Mandiri. Tahun ini BBWB bekerja sama dengan Bank Mandiri (tahun lalu seinget saya juga sih). Dengan kartu bank Mandiri ini bisa dapat banyak privillage sih, seperti dapat fast track ngantri jadi jalur antriannya beda, lebih lurus nggak mutar-mutar kayak ular.
  3. Pake sepatu flats biar gak capek. Pameran buku diskon ini menggunakan 4 hall sekaligus, kecuali mau fashion show mending itu high-heels ditinggal di rumah dulu :mrgreen:.
  4. Bawa powerbank. Nggak bisa sebentar kalau datang ke BBWB πŸ˜› nah daripada susah cari-carian sama teman yang datang mendingan baterai siap sedia ya. Dan l itu adalah penolong biar nggak mati gaya pas ngantri.
  5. Bawa koper buat naruh belanjaan.
  6. Dateng di jam-jam unusual. Untuk menghindari antrian dan juga untuk mendapatkan rasa nyaman saat pilih-pilih buku. Ada yang bilang mending datang tengah malam, ada yang saranin subuh-subuh… Karena saya belom cobain maka saya nggak tau mana yang paling oke soal waktu. Cuma secara logika sih kalau sepi kan tentu lebih nyaman.
  7. Cek setiap buku dan hitung dulu jadi ada perkiraan total belanjaan berapa. Anuh, namanya lagi ramai dan banyak banget antrian, bisa aja kasir salah hitung. Teman saya ada yang kelebihan bayar 700ribu karena salah satu buku yang dia beli harganya 50.000 tapi mbak kasir inputnya 500.000. Kelebihan nol satu! Duh.

Don’ts

  1. Bawa anak kecil. Kasihan, rame. Takutnya bosen. Ada kayak mini playground di bagaian dalam sih tapi seberapa lama sih anak bisa betah main di situ?
  2. Bawa mobil. Cari parkirnya susah, mending pakai taksi aja. Walaupun harga tiket nggak mahal ya. Cuma 20 ribu aja paketannya sekali masuk. Jadi mau berapa jam parkir ya kenanya 20 ribu aja, nggak dihitung jam-jam.an.
  3. Ambil semua buku lalu sortir lagi. Kasihan yang ngerapihin >.< Lagian kadang kan buku yang udah nggak dimaui ditaruh begitu saja, nah onggokan buku itu bikin bingung. Ini onggokan buku yang udah nggak diinginkan lagi atau orangnya lagi ke mana gitu. Ini yang ngeliat sedih tauuu, mupeng ama bukunya tapi nggak berani ngambil.

Tips:

  1. Jika memungkinkan maka datang bertiga atau berempat sekalian lalu bagi tugas. Orang 1 langsung ngantri buat bayar. Orang 2 hunting buku, orang 3 ngitungin deh total belanjaan berapa. Ini tips dari grup WA Mahmud saya. Hehehe.
  2. Kalau punya CC Mandiri maka begitu masuk ke arena BBWB langsung tukar kupon fast track karena si kupon cepat habis.
  3. Datang dengan perut kenyang. Biar nggak kalap belanja. Tau sendiri kan kalau orang lapar tuh kadang nggak rasional pemikirannya? πŸ˜›
  4. Bawa jaket/sweater karena AC-nya dingin bok. Tengkuk saya sempet brrr gitu. Hehehe.
  5. Udah pipis. Milih buku pas kebelet tuh nggak enak.

 

Worth it nggak sih datang ke BBWB dan ngantri berjam-jam gitu? Kalau kata saya sih worth it banget! Jika, ini ada jikanya lho… Jika emang niat mau belanja banyak. Total belanjaan saya 1 juta lebih sedikit dengan total buku 22 buah (lagi hemat-hemat buat trip pas summer nanti, Cyin). Keliatannya nggak banyak ya? Tapi saya berhemat hampir 2 juta lho, soalnya kalau saya beli buku-buku itu dengan harga asli bisa abis 3 juta. Selisih 2 juta rupiah itu lumayan banget buat saya. Bisa beli atu tiket PP ke Bali deh. Hehehe.

Nah, kalau belanjaan dikit gimana? Nggak boleh ke BBWB? Ya boleh aja sih tapi apa sepadan usaha yang dikeluarkan dengan harga bukunya? Kalau mau cari pengalaman sih silakan aja datang tapi kalau beneran cuma cari buku sedikit aja mending pakai jastip alias jasa titip deh. Feenya nggak tinggi kok, sekitar 10ribu per buku aja.

Me and Ajeng yang bah membahu demi antrian bayar hahaha

Okay moms, udah siap berburu buku di BBWB? Goodluck ya! Jangan lupa tersenyum dan boroooong! πŸ˜€

Big Bad Wolf Book Sale Jakarta

Buka 21 April – 2 Mei 2017 selama 280 jam nonstop

Lokasi : Indonesia Convention Exhibition (ICE)

BSD City Tangerang

Advertisements

8 thoughts on “Baca ini Dulu Sebelum ke Big Bad Wolf Book Sale Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s