25 Ide Kado Ulang Tahun buat Anak-anak

Suka bingung nggak mau ngasih kado ulang tahun apa buat anak? Kalau si anak udah bisa bilang apa yang ia mau mah enak ya. Tapi kalau belum? Atau keinginannya berubah-ubah? Hihihi pusing kan?

25 Ide Kado Ulang Tahun buat Anak-anak

Pas anak saya ultah ke-3 tahun ini, ada sekitar 1 bulan saya berpikir keras mau ngasih kado apa. Ya udah, biar next time saya nggak bingung lagi, saya list aja ide-ide kado ulang tahun yang bisa digunakan buat anak sendiri, anaknya teman, temannya anak (biasanya ultah di sekolah), keponakan atau siapalah gitu ulang tahun. Tinggal sesuaikan level kedekatan, jenis kelamin dan kesukaan dengan jenis kado yang ingin diberikan. Yang pengen tahu, monggo disimak.

25 Ide Kado Ulang Tahun buat Anak-anak

1. Mainan. Ini paling gampang. Pilihannya banyak soalnya πŸ˜€ Bisa bus, truk, pesawat, satu set kereta api lengkap dengan relnya atau satu set mobil-mobilan dengan sirkuit balapnya. Ohya ini buat anak cowok. Kalo anak cewek?

2. Boneka. Bisa Barbie, boneka plastic cewek dengan baju-baju lucu, sekalian beliin mesin jahit mininya juga bisa lho say.

3. Lego. Hampir semua anak yang saya kenal suka lego. Seneng aja bisa menyusun balok-balok kecil gitu. Perhatikan peruntukan usianya di kotak legonya ya. Biar nggak tersedak, kalo anak di bawah 3 tahun beliin yang duplo yang agak gedean.

Beberapa ide kado ulang tahun anak yang simpel namun berkesan

4. Pensil mewarnai atau crayon. Simple thing tapi biasanya berguna.

5. Sepatu. Ini agak tricky karena mesti tahu ukuran sepatu si anak terlebih dahulu. Tapi worth to try.

6. Tas dengan tokoh kartun yang hits. Tas itu pasti kepake, apalagi kalau gambar lucu-lucu kayak Frozen, The Cars, Spiderman, Cinderella atau yang sebangsanya. Harga juga nggak terlalu mahal kok.

7. Wall Sticker. Biar kamar anak lebih colorful dan menyenangkan. Bisa dibeli di ace hardware atau toko online di Instagram.

Wall Sticker juga bisa jadi inspirasi untuk hadiah atau kado ulang tahun buat anak. Ini wall sticker di kamar anak saya. Abaikan corat-coret di dinding hasil mahakarya ya. Hahaha.

8. Peralatan makan. Pake Tupperware! Paling gampang dicari. Hahaha. Kualitas bagus dan sekarang ada seri buat anak-anak yang lucu and menggemaskan.

9. Tempat minum alias tumbler. Awalnya saya nggak kepikiran buat ngasih kado ini, tapi pas saya pulang dari Hong Kong dan bawain keponakan tempat minum gambar Spiderman, dia suka banget. Even ke mall aja minta dibawain minum pake tumber ini. It’s a small gift tapi kalau berguna dan digunakan kan jadi seneng ya. Anw, kuncinya sih ada di gambar tokoh superhero kesayangannya itu kali ya. Hahaha.

10. Sepeda roda 3 atau roda 4. Anak kecil suka eksplorasi. Jenis sepedanya bisa disesuaikan sama usia dan tinggi badan.

11. Jam tangan. Hah? Anak kecil pake jam tangan? Iya, ada yang suka lho. Apalagi yang bentuk dan motifnya lucu macam kodok atau harimau. Lagian sekalian si anak belajar membaca waktu kan?

12. Ajak tamasya ke tempat liburan kesukaannya atau tempat wisata edukatif. So, instead of kasih barang, tapi kita kasih experience. Kalau di Jakarta bisa diajak Piknik Ke Kota Tua, ke Sea World, Ancol, PIK atau agak jauhan dikit ke Bogor dibawa ke Kuntum Nurseries Farm Field. Di sini mereka bisa belajar mengenal satwa dan bahkan memberi makan segala lho.

13. Alat musik seperti gitar, drum atau seruling. Kalau anak atau keponakan menunjukkan minat pada music, nggak ada salahnya kalau kita akomodir lho dengan memberikan peralatan music yang dia sukai. Nggak perlu yang langsung mahal atau advanced, yang sederhana juga gpp. Kan masih penjajakan untuk tahu minatnya.

14. Hadiahi peralatan sesuai hobi, seperti peralatan menggambar, berkebun atau perlengkapan renang yaitu goggle dan fin.

15. Pakaian.This one is also an easy peasy to search for. Buanyak banget online shop yang jual baju anak dengan model lucu-lucu. Kemeja, kaos, celana panjang atau apalah bisa jadi pilihan. Tinggal pilih, transfer dan diantar deh. Jangan lupa pilih toko yang terpercaya ya. Kalau saya seneng sama koleksinya Minimons, intip IG nya di @minimons.id deh. Koleksinya cakep-cakep dan bisa kompak buat mama-papanya lho. Minimons ini clothing brand milik kawan saya Dinda. Pelayanan ramah, bahan berkualitas bagus dan nyaman dipakai. No tipu-tipu, makanya saya berani rekomendasikan. Selain karena teman sendiri juga karena anak saya bahkan saya dan Adrian sudah pakai. Love!

Yang saya suka dari Minimons.id ini adalah konsep baju bagi anak-ibu-ayah tuh senada, bukan seragam. Jadi kalau dipake bareng-bareng sih nggak plek sama tapi ada koneksinya satu sama lain. Tep unik dipake sendiri-sendiri tapi tep cantik kalau dipake barengan. How can I not love it? Saya pikir kalau ini jadi kado ulang tahun buat keponakan atau anaknya temen bakalan suka deh.

16. Ajak makan di restaurant favorit dan pesan menu kesukaannya sendiri.

17. Belanja di supermarket favorit dan ajak dia berbelanja serta membayar sendiri. Saya ingat waktu saya umur 11 tahun mama saya memberi uang Rp. 5.000,- (dulu rasanya geode banget lho hehehe) lalu saya pergi ke mall dan belanja apa yang saya suka deh. Hehehe. Rasanya seneng banget karena seperti dapat kebebasan banget gitu.

18. Ajak nonton film di bioskop. Selain biar ada suasana baru juga kita yang dewasa juga seneng nonton kan. Hehehe. Tapi yang ini a little bit tricky sih karena kalo pas ultahnya datang dan nggak ada film anak-anak yang bagus jadi zonk πŸ˜€

19. Bola. Sesuaikan dengan minat anak, sukanya bola kaki, bola tenis, bola basket atau malah bolak bekel? Eh :p yang terakhir sih itu emaknya yang suka. Hahaha

20. Fluffy stuff. Sampai umurnya yang ketiga ini, Basti masih aja suka tidur dengan boneka macannya πŸ˜€ Fluffy stuff ini gampang dicari dan banyak ragamnya.

21. Buku cerita, dongeng atau buku aktivitas, seperti buku mewarnai, menggunting dan menempel, atau buku stiker yang saya beli di BBWF alias Big Bad Wolf Book! Hahaha saya selalu nyetok buku-buku belanjaan dari sini. Selain karena kualitasnya bagus juga karena harganya miring banget buat buku impor.

Ide kado ulang tahun buat anak-anak

Buku cerita, touch book atau buku aktivitas juga dapat jadi Kado Ulang Tahun buat Anak-anak. Oldie idea but goodie! πŸ˜‰

22. Jas hujan dengan motif-motif lucu buat anak cewek atau tokoh superhero buat anak cowok.

23. Sepatu boots plastic. Cocok buat musim ujan, bisa Dipake ke sekolah atau malah sambil main ujan-ujanan di rumah.

24. Kolam renang mini. Buat main-main di sore hari atau pas akhir pekan.

25. Last but not least. Kalau buat anak sendiri, bisa buat acara birthday party dengan konsep atau tema yang ia sukai. Pool party atau pesta ultah di sekolah dengan kostum tertentu. Buat tahun depan, Basti udah bilang kalau dia pengen birthday party bertema THE CARS. πŸ˜› Saking excitednya, hampir setiap minggu selalu nanya, β€œis it my birthday already, mami?” Hahaha.

Itu list sementara yang saya buat, nanti nambah lagi deh kalau ada ide baru. Hehehe.

Anw, ada ide lain buat kado ulang tahun anak? Share di sini dong, Moms.

Advertisements

14 thoughts on “25 Ide Kado Ulang Tahun buat Anak-anak

  1. HM Zwan says:

    Wah,makasih mbk idenya….
    beberapa kali anakku dapet undangan ultah dari anak2 tetangga, kadang bingung mau kasih kado apa. Seringnya buku cerita sama mainan^^

  2. Fanny Fristhika Nila says:

    Anakku yg pertama sih udh bisa bilang maunya apa tiap ultah mba. Nah kalo yg kecil nih, blm bisa ngomong. Tp aku sukanya pas hr ultah dia, kita staycation sih.. Di hotel yg deket2 aja. Tp pokoknya ada kolam renang ato playground yg anak2 suka πŸ™‚ . Udh pasti seneng anaknya πŸ˜€

    • Ceritaeka says:

      Waaah Giaaan! Keren banget. Basti alergi jadi cuma bisa makan sedikit sekaliii. Tahun depan pengen beli virthday cake The Cars yang Gluten Free buat Basti. Kalo Gian suka ada model-model cakenya juga gak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s