9 Perlengkapan untuk Memulai Hobi Bersepeda

Apa saja perlengkapan yang mesti disiapin buat memulai hobi bersepeda? Apa iya capcuss langsung sepedaan aja nggak mikirin apapun? Atau butuh menyiapkan segala macam perlengkapan guna mengurangi risiko cidera?

Sudah empat bulan lebih kita berdiam diri di rumah karena Pandemi Corona alias Covid-19 ini. Sebagai traveller yang hobi bolang, jujur keadaan ini bikin bosan dan frustasi banget. Tapi sebagai warga negara yang baik, kita harus menaati peraturan pemerintah dong ya. Yowis baek-baek deh di rumah. Hehehe. Untungnya nih ada kegiatan aktif memeras keringat yang bisa dilakukan di luar rumah (biar berasa jalan-jalan gitu) tapi tetap jaga jarak yaitu: sepedaan! Nggak heran kalau sepedaan jadi olahraga yang booming banget. Lha, orang-orang kan butuh keluar rumah biar nggak suntuk, bergerak biar sehat, tapi tetap menaati protokol kesehatan. Betul?

Jadi perlengkapan sepeda apa aja sih yang perlu disiapin saat memulai hobi sepeda? Simak list-nya di bawah ini ya biar sepedaan kamu nyaman dan aman.

  1. Sepeda

Yang pasti pertama dibeli tentu saja sepedanya dong. Ada banyak jenis sepeda di pasaran. Sepeda lipat, sepeda gunung, sepeda balap sampai BMX segala. Nggak usah bingung pilih yang mana. Sesuaikan saja dengan kondisi budget dan jenis aktivitas sepedaan yang diinginkan. Kalau pengen keliling kompleks atau sepedaan di tengah kota, sepeda lipat cocok dibeli, tapi kalau pengen di alam bebas macam gunung atau sungai gitu, sepeda gunung lebih tepat.

Ada berbagai macam jenis sepeda di pasaran, pilih sesuai budjet dan karaktermu.

Saya sendiri pertama mulai sepedaan (di tahun 2016) pakai sepeda lipat yang stang-nya lurus dan tanpa gigi. Waktu itu lagi seneng CFD-an jadi ya sepeda yang ringan, gampang dibawa-bawa adalah pilihan yang pas. Seiring waktu, ternyata saya dan suami lebih senang menjelajah jarak jauh dengan medan jalanan yang nggak rata. Alhasil butuh sepeda dengan suspensi yang baik biar aktivitasnya tetap nyaman. Akhirnya saya pun upgrade sepeda ke mountain bike alias sepeda gunung.

Sepeda Gunung Polygon Monarch Mtb cukup bagus buat pemula yang mulai sepedaan.

Perkenalan pertama, saya beli sepeda Mtb Polygon Monarch. Untuk sepeda dengan harga nggak nyampe 3 juta, asli ini sepeda enak banget! Suspensi mantap, ban bawaan cukup lebar jadi okay dibawa ke jalan setapak atau blusukan ke sawah. Tapiiii sepeda ini kayaknya cocok buat yang badannya tinggi deh karena ternyata bodinya terlalu panjang buat saya yang cuma 150 cm ini. Hahaha. Jadi tiap kali sepedaan saya agak maksain punggung stretch gitu lho. Mungkin ada size yang lebih kecil ya tapi saya kurang tahu.

Nah, demi mendukung kenyamanan olahraga, akhirnya saya upgrade sepeda. Berhubung udah tau enaknya sepeda gunung itu gimana, upgrade berikutnya tentu saja sepeda gunung lagi tapi disesuaikan size-nya dengan tinggi badan.

Saya menggunakan Sepeda Gunung Merida Matts Mtb 9 gears. Ini sepeda enak banget. Bandel dibawa ke mana-mana yaolo. Nyaman secara size di punggung, sadel empuk, dan jangan tanya soal suspensinya ya… Dibawa ajrut-ajrutan di pematang sawah tuh asyik bener! Plus sepedanya ringan. Jadi kalau-kalau nemu medan yang nggak bisa dilaluin sepeda dan kita terpaksa angkat sepedanya, Merida Matts tuh gak berat dijinjing di pundak. Serius!

Sepeda Gunung Merida Matts tangguh buat blusukan.

Sudah 3 tahun saya pakai sepeda ini dan rasanya ini jenis sepeda yang paling cocok buat aktivitas saya. Tangguh dan nyaman buat medan yang nggak biasa. I’m loving it.

  1. Helm

Perlengkapan kedua yang wajib ada adalah helm. Keamanan di atas segala-galanya. Kita nggak pernah tau, apa dan gimana nasib nahas itu kan? Bisa aja kita udah hati-hati, eh orang lain slebor dan merugikan kita. So, helm itu wajib punya. Nggak perlu yang mahal namun sesuai SNI udah cukup. Tapi kalau duit berlebih sih beli yang mahal juga gpp. Hehehe.

Helm Sepeda Avand nyaman dipake sepedaan.

Saya menggunakan helm merk Avan, beli di Shopee sekitar 200 ribuan aja harganya. Helm-nya ringan, pas di kepala. Nggak gerah karena modelnya berlubang banyak gini dan aerodinamis jadi nggak ngelawan angin. Suka deh!

  1. Lampu

Tahu nggak? Sepeda tuh satu-satunya alat transportasi yang pas kita beli nggak include sama lampu. Padahal lampu tuh penting banget kalau pas lagi mendung atau jika kita sepedaan subuh dan malam hari. Selain membantu kita melihat di saat gelap, lampu juga bermanfaat sebagai alat memberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Wajib punya pokoknya!

Aksesoris Perlengkapan Lampu Belakang Sepeda depan lampu

Untuk lampu saya biasa menggunakan merk Cat Eye, tapi ini ada lampu yang harganya lebih terjangkau dan lumayan bagus. Beli lampu sepeda di sini.

  1. Reflector

Perlengkapan lain yang cukup esensial adalah lampu dan reflector. Kesannya ini aksesoris banget ya, tapi percayalah reflector ini penting banget buat keselamatan karena pantulan cahaya yang dibuat memberitahukan keberadaan kita kepada pengendara lain sehingga mengurangi risiko tertabrak

 Pastikan reflector dipasang di tempat-tempat yang tepat: white light di depan tepatnya di setang, red light di belakang di bawah sadel juga di pedal dan roda atau jari-jari sepeda. Ada sepeda yang pas beli udah termasuk reflector tapi kalau enggak, pastikan sepeda kita punya perlengakapan ini. Harganya nggak mahal kok, tapi fungsinya cukup signifikan buat keselamatan nyawa.

Lengkapi hobi bersepedamu dengan aksesoris dan perlengkapan demi aktivitas yang aman dan nyaman.

  1. Bell Sepeda

Nah, ini antara butuh dan nggak butuh. Lho, maksudnya gimana? Hehehe. Sabar dong. Gini, kalo kita sepedaan ke tempat sepi (which is sangat dianjurkan saat Corona ini) yang nggak ketemu orang, ya nggak butuh bel kan? Tapi kalau kita sepedaan ke tempat-tempat dengan potensi sering ketemu orang lain, ya mending kita bunyikan bel, toh? Msa iya mau teriak-teriak bilang… “Woooiii minggir ada sepeda lewat niiiih?” Abis deh suara kalau tiap 1 meter mesti ngomong gitu. Hahaha. Yah, daripada nabrak mending…. Kring kring… Ada sepeda nih! Hehehe.

Anw, meskipun saya bersepeda ke tempat sepi, namun saya tetap memasang bel sepeda. Seneng aja sama bunyinya. Klasik! Bikin inget masa kecil. Hehehe.

Ohya, untuk reflector dan bel sepeda saya beli merk cat eyes. Saya cukup fanatik dengan merk ini karena bagus dan harganya bersahabat. Cari-cari di Shopee nemu yang lucu dan sesuai kebutuhan. Hehehe.

  1. Sling Bag

Untuk sepedaan jauh, penting bawa tas kecil buat taruh dompet, hape, atau sekedar tissue. Awalnya dulu, saya pasang tas kecil di sepeda tapi dengan semakin jauhnya kami bersepeda rasanya kok semain butuh tas yang lebih besar ya. Pilihan jatuh ke Sling Bag The Woof.

Tas Pinggang the Woof seri Jawa yang bisa dijadiin sling bag juga.

Soal tas ini bebas aja sih mau model yang mana. Bisa mini ransel atau bahkan tas paha. Mana yang cocok aja di hati. Kebetulan saya cocok sama Sling Bag The Woof karena muat banyak, modelnya lucu, kuat banget dan harganya pas di kantong. Yes, belinya di Shopee juga.

Mumpung lagi ada diskon gede-gedean di The Woof, saya bagi infonya. Beli produk The Woof di Shopee klik di sini ya.

  1. Tumbler atau Botol Minum

Nggak mau mati kehausan pas sepedaan kan? Jadi tumbler is a must. Hehehe. Bisa sih jajan pas di jalan, tapi kalau lagi sepedaan jauh dan nggak nemu penjual kaki lima gimana? Mending jaga-jaga dengan bawa minuman di tumbler. Saya punya beberapa jenis tumbler. Biasanya sih bagi peran. Saya bawa tumbler Tupperware diisi air putih lalu suami bawa tumbler dari kaleng yang diisi air jeruk dengan es batu. Biar pas lagi haus-hausnya tuh seger banget minum es jeruk dingin. Hehehe.

Ohya, ukuran tumbler disesuaikan sama ukuran sepedanya ya.

  1. Bottle Cage

Ohya, biasanya sepeda tuh nggak nyediain tempat buat naruh tumbler atau botol minum jadi kita mesti pasang sendiri aksesoris ini. Pilih yang rangkanya agak besar jadi kuat buat naruh botol minuman dengan ukuran agak besar. Sesuai kebutuhan aja sih tapi saya pasang yang buat ukuran 500 ml.

  1. Bicycle Pants

Namanya sepedaan (apalagi jauh) butuh kenyamanan banget. Apalagi kalo baru-baru mulai. Bisa dipastikan itu bokong pegel linu nggak enak deh. Buat mengurangi rasa nggak nyaman pas mulai sepedaan, kita bisa pakai bicycle pants untuk memudahkan bokong dan paham beradaptasi sama sadel sepeda. Bedanya apa sama celana biasa? Bicycle pants itu ada busanya di daerah selangkangan menuju bokong belakang. Serius, bikin aktivitas sepedaan jadi lebih nyaman.

Sepedaan bikin hati senang dan tubuh sehat. Yah untuk sementara jalan-jalannya pake sepeda dulu sampai suasana kondusif.

Hampir semua perlengkapan sepeda ini saya beli di Shopee. Soalnya komplit sih dan ada aja gitu barang-barang lucu yang sulit carinya. Hahaha. Suka sama promo free ongkir juga. Nah, kalo kalian mau beli produk-produk ini, bisa cari di Shopee, langsung aja klik link aku ini yaa:

BELANJA PERLENGKAPAN SEPEDA DI SHOPEE

Btw, itu tadi 9 list perlengkapan yang saya buat untuk mendukung hobi baru buat kamu-kamu yang pengen untuk mulai sepedaan. Kalau Adrian sih punya list yang lebih panjang tapi menurut saya daftar aksesoris sepeda ini cukup sebagai dasar. Hehehe.

Ada perlengkapan lain buat sepedaan yang perlu ditambahkan? Kali-kali aja saya terlupa. Share di kolom komen ya.

 

Baca juga:

1. Ide kado Ulang Tahun Buat Anak-anak

2. Resep Sei Sapi buat Yang Hobi Masak

3. The New Normal

8 respons untuk ‘9 Perlengkapan untuk Memulai Hobi Bersepeda

  1. canisiusandrew berkata:

    Woaaah, ada beberapa item yang ingin kubeli tapi belom kesampaian. Makasih kak Eka sudah dibuat sebegitu detailnya sampai ke marketplace-nya hahaha. Mampir ke blogku juga yaa. Lagi blog writing marathon hihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s