Resep Tumis Pedas Sei Sapi

Selama #diRumahAja saya jadi produktif banget masak, segala apa juga dicoba. Tentu tergantung mood sama kesediaan bahan sih. Hahaha. Anw, saya barusan bikin Sei Sapi. Awalnya pengen bikin ala-ala sambel matah, tapi sayang nggak dapat kecombrang. Yowis, jadinya ditumis pedas aja.

Sei sendiri adalah teknik memasak daging yang khas dari Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dulunya sih daging yang dimasak adalah daging rusa, cuma karena makin langka (dan susah kali ya nangkep rusanya :mrgreen: ) sekarang ada daging sapi, ayam dan Babi yang dimasak ala Sei alias diasapi. Tapi bukan sembarang diasapi lho, sebelumya daging dibumbui dengan rempah-rempah terus diasapi pake kayu bakar dan ditutup sama Daun Kosambi. Makanya wangi dan rasanya tuh otentik banget! Nggak tanggung-tanggung, diasapinya sampe 9 jam, moms!

Nah, karena pada dasarnya Sei itu udah mateng, makanya masak sei bisa jadi andalan kalo lagi nggak punya waktu tapi pengen makan enak. Persiapan dan durasi masaknya cepat dan anti gagal. Lha dagingnya aja udah enak hahaha.

Saya bagi salah satu resep andalan saya saat memasak Sei Sapi ya. Cuss.

Resep Sei Sapi mudah dan cepat, rasa enak.

Resep Tumis Pedas Sei Sapi
Lama masak: 10 menit

Bahan:
250gr Sei Sapi
10 Cabe Keriting
4 Cabe Rawit
10 Bawang merah
1 Buah Bawang Putih
1 Ruas jahe
1 Buah Tomat
1 Buah Jeruk Nipis

Persiapan:
– potong daging Sei tipis-tipis
– Haluskan 4 bawang merah, 1 bawang putih, 1 potong jahe
– Cincang kasar: cabe merah, cabe rawit, bawang merah, dan tomat
– Peras Jeruk Nipis

Cara masak:
– Tumis bumbu halus hingga harum
– Masukkan Sei Sapi, tambahkan garam dan sedikit air, diamkan 5 menit
– Masukkan bumbu cincang kasar, jeruk nipis lalu tumis hingga sedikit layu
– Sajikan dengan nasi panas.

Ohya, saya memesan Sei Sapi dari teman saja @didijournal atau bisa ke langsung ke IG-nya: @seikadikho . Harga 180k per 500gr. Dijamin puas karena dagingnya berlemak sedap!

 

intip resep lainnya di sini:

1. Tuna Sambal Dabu-dabu

2. Ikan Mas Arsik khas Batak

3. Resep Kolak Pisang cocok untuk Ramadan

5 respons untuk ‘Resep Tumis Pedas Sei Sapi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s