Resep Kolak Pisang Kolang-kaling

Puasa udah jalan 10 harian nih, Moms. Udah pada bikin kolak belum? Minuman (errr atau makanan ya? :P) dengan rasa manis legit ini biasanya selalu terhidang di meja makan saat puasa. Kolak seperti jadi hidangan wajib berbuka karena rasanya yang manis mampu mengembalikan tenaga setelah seharian menahan haus dan lapar lalu isinya yang nggak terlalu berat seperti pisang dan ubi cukup kuat untuk mengganjal perut sebelum makan besar yang biasanya dilakukan setelah sholat maghrib.

Nah, kalau belum tau cara masak kolak pisang maknyus yang bikin orang rumah ketagihan, sini sini baca dan cobain dulu resep dari saya.

Resep Kolak Pisang Kolang-kaling

Porsi : 4 orang

Waktu persiapan dan memasak: 45 menit

Bahan-bahan:

  • 3 buah pisang tanduk, potong menyerong
  • 3 buah ubi, kupas bersih
  • ¼ kg kolang-kaling, rendam dengan air panas selama 5 menit
  • 500ml air
  • 200ml santan instan
  • 2 lembar daun pandan
  • 4 buah gula merah
  • 4sdm gula pasir
  • ¼sdt garam

Cara Membuat:

  1. Didihkan air bersama dengan gula merah, gula pasir dan daun pandan
  2. Masukkan ubi lalu rebus hingga sedikit lunak
  3. Masukkan pisang
  4. Masukkan santan, aduk rata bersama garam
  5. Tunggu hingga harum dan pisang lunak lalu masukkan kolang-kaling. Rebus selama 5 menit dan siap dihidangkan.

Ubi dapat diganti dengan labu atau singkong jika suka. Mana aja bahan makanan kesukaan orang di rumah deh, cemplungin aja di kolak. Hahaha. Pisang tanduk juga bisa diganti dengan pisang kapok. Sesuai selera aja, kalau isang kapok bikin kolak rasanya manis sementara kalau pakai pisang tanduk jadi manis-asam gitu.

Ohya, saya tidak menggunakan vanili kalau masak kolak karena daun pandannya udah wangi, tapi kalau mau lebih harum ya monggo aja ditambahi vanili. Pake atau nggak pake vanili itu soal selera menurut saya. Anw, pastikan vanilinya jangan terlalu banyak ya karena bisa mengubah rasa jadi pahit.

 

Good luck, moms! Sukses bikin kolaknya ya :*

Advertisements

2 thoughts on “Resep Kolak Pisang Kolang-kaling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s