Kapan Sebaiknya Anak Mulai Menabung?

Petualangan Agen Penny CitiPeka 1“Kamu suka nabung?” Tanya saya kepada seorang anak yang sedang memegang-megang celengan kaleng.

“Suka dong, Tante. Aku rajin nabung lho. Rajin banget,” jawab bocah lelaki chubby itu dengan sumringah. Dapat saya lihat binar wajah bangga dari senyumnya.

“Memang kamu nabung buat apa sih?” Tanya saya lebih lanjut.

“Buat beli mainan, Tante. Mama nggak bolehin aku beli mainan, tapi kalo pake uangku sendiri, mama gak bisa larang-larang,” ujar bocah itu lagi. Masih dengan senyum menawan yang bikin hati gemas.

Saya tersenyum-senyum sendiri selama mengobrol dengan Surya, bocah kelas 5 yang lucu itu. Obrolan itu membuat saya berpikir, hmmm…

Kapan sih sebaiknya anak-anak bisa kita ajarkan untuk mulai menabung?

Kebiasaan menabung perlu ditanamkan sedini mungkin. Kenapa? Karena kebiasaan membutuhkan waktu dan konsistensi. Apabila anak sudah diajari sedari kecil, maka kebiasaan menabung akan mendarah daging, masuk ke dalam alam bawah sadarnya sehingga seiring dia tumbuh, menabung menjadi kebiasaan.

Bagaimana caranya kita mengajari anak kita untuk menabung?

Perlu diingat, hakekat dari menabung adalah anak menyisihkan uang jajannya, jadi kita sebagai orang tua jangan malah yang isiin tabungannya. Itu sih namanya ortu yang nabung dong πŸ˜› Nah, gimana biar anak bisa menyisihkan uang untuk tabungannya?

  1. Ajar anak untuk menyisihkan sebagian uang jajannya. Kita bisa mengajari anak membawa bekal sehingga uang jajannya bisa ditabung, atau
  2. Ajar anak mendapatkan uang ekstra, bisa dengan cara mengerjakan pekerjaan rumah seperti membantu mencuci mobil atau membersihkan garasi.
Celengan Petualangan Agen Penny dari CitiPeka

Celengan Petualangan Agen Penny dari CitiPeka

Lalu setelah itu gimana? Dulu zaman kita dulu, saya diajari menabung di celengan ayam atau malah di buku tabungan kecil yang diserahkan ke ibu guru lalu dicatat. Tapi itu kan dulu. Zaman udah berubah. Sekarang, bank dapat diakses dengan mudah. Kita bisa membiasakan anak menabung di celengan terus anak kita ajak ke bank untuk menaruh uangnya. Hal tersebut sekalian mengenalkan anak pada konsep perbankan.

Mengapa menabung?

Ada banyak manfaat kebiasaan menabung yang bisa didapat dari anak kita, bukan hanya secara materi tapi juga secara psikologis:

  1. Menabung mengajarkan anak untuk punya kendali diri dari jajan.
  2. Menabung juga mengajarkan anak untuk sabar menunggu hingga uangnya terkumpul demi mendapatkan apa yang ia inginkan. Belajar sabar karena mereka belum tentu mendapatkan apa yang ia inginkan saat itu juga, butuh proses menabung.
  3. Menabung mengajarkan anak untuk tidak konsumtif (tidak jajan melulu).
  4. Juga mengajarkan anak untuk menghargai setiap sen uang yang ada, baik yang diberikan padanya atau yang ia dapatkan dengan usahanya sendiri.
Citi Peka - sebagai payung dari seluruh kegiatan kemasyarakatan Citi Indonesia mengukuhkan komitmennya dalam meningkatkan literasi keuangan bagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) melalui program Petualangan Agen Penny yang diselenggarakan hari ini (10/11) di SDN Cililitan 02/04 Pagi. Tampak Pada Foto [Kiri-Kanan]: Elvera N. Makki, Head of Country Corporate Citi Indonesia, Zulfarshah, Corporate Secretary Bank DKI dan SN Puspita Dewi, Kepala Seksi Kesiswaan, Bidang Sekolah dan Pendidikan Luar Biasa, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta tengah memaparkan tujuan program Agen Penny dan pentingnya pendidikan keuangan sejak dini.

Citi Peka – sebagai payung dari seluruh kegiatan kemasyarakatan Citi Indonesia mengukuhkan komitmennya dalam meningkatkan literasi keuangan bagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) melalui program Petualangan Agen Penny yang diselenggarakan hari ini (10/11) di SDN Cililitan 02/04 Pagi. Tampak Pada Foto [Kiri-Kanan]: Elvera N. Makki, Head of Country Corporate Citi Indonesia, Zulfarshah, Corporate Secretary Bank DKI dan SN Puspita Dewi, Kepala Seksi Kesiswaan, Bidang Sekolah dan Pendidikan Luar Biasa, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta tengah memaparkan tujuan program Agen Penny dan pentingnya pendidikan keuangan sejak dini.

Isn’t sweet that we can teach our children those things? Ohiya, informasi tersebut saya dapatkan sewaktu menghadiri acara literasi keuangan bagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) melalui program Petualangan Agen Penny yang diadakan oleh Citi Indonesia dan Bank DKI. Untuk diketahui, Citi Peka (Peduli dan Berkarya) berkolaborasi dengan Bank DKI,Β Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI).

Pasar ceria, kegiatan di mana anak-anak diberikan modal lalu diminta berwirausaha. Seru!

Kreasi celengan yang dibuat anak-anak

Ada banyak kegiatan yang dilakukan dalam rangka program pendidikan keuangan ini, acaranya interaktif dan dikemas dalam berbagai inisiatif yang menyenangkan bagi anak seperti buku komik dan pertunjukkan teater juga lomba membuat celengan. Lalu acara puncak program Agen Penny pun dilakukan di SDN Cililitan 02/04 Pagi, Jakarta Timur, disertai talkshow dan pengumuman serta penyerahan hadiah dari lomba-lomba yang sudah dilakukan.

Β Acara menarik yang membuka mata anak-anak juga newbie parents kayak saya :* Btw mulai kapan menabung?

Advertisements

12 thoughts on “Kapan Sebaiknya Anak Mulai Menabung?

  1. niaharyanto says:

    Bener banget, anak2 harus belajar nabung sedini mungkin. Anakku 3 tahun udah mulau belajar. Walopun baru di celengan. Dia antusias banget. Pengen beli mainan baru nanti pas ultahnya dari celengan itu…

  2. didut says:

    Jadi ingat waktu kecil somehow aku jarang diajarkan tentang menabung.
    Kalau tentang nilai uang sering karena tidak pernah mendapatkan uang saku secara “gratis” tetapi tentang menabung sangatlah jarang.
    Ketika dewasa seperti sekarang baru sadar kalau nilai-nilai tentang menabung sangatlah penting untuk diajarkan pada anak-anak ^^

  3. fanny fristhika nila says:

    ankku dr umur 2 thn sih mba… kita beliin celengan gbr binatang yg dia suka, dan kita ajarin utk ksh makan binatangnya dgn duit :D.. begitu udh penuh, uangnya kita masukin ke rek junior yg kebetulan krn aku kerja di bank, di tempatku sih ada.. tp masih hrs join ama salah satu ortunyaa.. biar terbiasa aja anaknya πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s